Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Latihan Basic Manipulator, Move & Selection, dan Built Object menggunakan Blender


Basic Manipulator

Dalam memahami tentang basic manipulator adalah harus memperbanyak latihan basic manipulator menggunakan fitur 3D manipulator yang antara lain berisi translate manipulator, rotate manipulator, dan scale manipulator.
Untuk mengerjakan basic manipulator hanya diperlukan membiasakan dan menghafalkan shortcut yaitu translate manipulator (klik kanan), rotate manipulator tekan huruf (R), dan scale manipulator tekan huruf (S).
Masukan bentuk bidang yang tersedia dengan warna objek yang sama, ke dalam bidang kosong yang ada di sampingnya.

Cara pengerjaan:

Masukan bidang kotak warna merah muda. Seleksi (klik kanan) objek kotak warna merah sebelah kiri, kemudian lakukan grab (G) atau geser ke kanan dan masukkan ke dalam kerangka kotak setelah pas di tengah, silakan rotasi (R) sampai posisi tepat masuk ke dalam kotak. Jika bidang objek melebihi ukuran kerangka, lakukan scale objek (S). Begitu seterusnya untuk mengerjakan bidang objek yang lain.

Catatan:

Dalam latihan ini pastikan di posisi view top. Tidak perlu menyimpan latihan ini. Apabila ingin mengulangi lagi silakan tutup (close). Buka file lagi dan ulangi latihan agar penggunaan shortcut dikuasai.

Move and Selection

Fungsi move and selection ini penting dan sering digunakan dalam modelling ataupun animasi menggunakan Blender.

Fungsi seleksi objek harus dikuasai dengan menggunakan klik kanan, akan tetapi jika akan menyeleksi lebih dari satu, maka ada perintah tambahan yaitu dengan mengombinasi tombol shift pada keyboard.

Cara pengerjaan:

Untuk menyeleksi lebih dari satu objek, gunakan kombinasi tombol shift . Cara ini paling sering digunakan pada saat modelling atau produksi animasi. Tekan tombol shift, tahan, kemudian seleksi (klik kanan) bidang kotak merah sambil shift terus ditahan. Jika kotak merah sudah diseleksi semua, silakan digeser grabb (G) kemudianmasukan ke dalam lingkaran warna merah. Jika objek terlampau besar silakan lakukan scale (S) sehingga seluruh objek dapat masuk ke dalam lingkaran warna merah.
a.    Mengerjakan lingkaran warna kuning
Cara yang lainnya yang digunakan adalah kombinasi shift yaitu dengan menggunakan shortcut (C), tekan huruf C kemudian akan ada area seleksi berwarna putih atur sesuai kebutuhan. Caranya adalah dengan menggunakan scroll, kemudian seleksi dengan klik kiri. Harap diingat menggunakan klik kiri untuk seleksi seluruh objek. Untuk mengakhiri perintah ini silakan tekan klik kanan, kemudian seleksi dan geser (G) ke arah lingkaran.
b.    Mengerjakan lingkaran warna hijau
Selanjutnya adalah mempelajari seleksi blok, caranya adalah tekan shortcut huruf (B) klik kiri dan geser area yang ingin diseleksi. Kemudian lakukan grabb geser (G) ke dalam lingkaran. Setelah selesai tutup latihan dan buka kembali file latihan hingga dipahami betul fungsi fitur berbagai jenis seleksi yang sering digunakan untuk produksi animasi.

 

Build Object


Cara pengerjaan:

Kerjakan rangkaian mobil mulai dari bagian roda sebelah kanan. Seleksi kedua roda. Dalam menyeleksi lebih dari satu gunakan kombinasi shift, jadi shift klik kanan pada kedua roda sebelah kanan. Rotasi (R) pada sumbu (Y) 90 derajat, perintahnya adalah dengan menekan pada keyboard R Y 90, enter. Jika sudah sebaliknya geser ke dalam posisi roda sebelah kanan pada mobil, dan selesaikan roda sebelah kiri, dengan perintahnya adalah R => Y =>
-90 => Enter. Mengapa -90? Karena posisi roda yang lain adalah kebalikanya. Tempatkan posisi bak truk
Seleksi bak truk (klik kanan) lakukan perintah rotasi pada sumbu Z atau sumbu atas bawah, 90 derajat, perintahnya R => Z => 90. Lalu tempatkan ke dalam posisi bak truk.
Dalam merapikan rangkaian mobil truk ini biasakan untuk menggunakan fitur view tampak depan, belakang, kanan, kiri, klik tengah geser dan bila perlu menggunakan mode transparan. Fitur wireframe shortcut huruf Z dapat digunakan. Untuk mengembalikan ke bentuk semula silakan tekan huruf Z lagi.




Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close