Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Praktek Pemodelan Basic Modelling dengan Object Silinder menggunakan Software Blender


Pemodelan (Modelling) adalah proses membuat objek sebagai wujud ide yang akan dikomunikasikan. Dalam membuat sebuah video presentasi untuk menyampaikan sebuah gagasan atau konsep produk diperlukan sebuah rekayasa visual. Bila ide produk/prototipyang belum dapat direalisasikan maka diperlukan sebuah visualisasi baik berupa 2D atau 3D.
Praktik basic modelling dengan sebuah objek berbasis silinder dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1.    Buka perangkat lunak Blender
2.    Hapus objek kubus dengan seleksi objek (klik kanan) dan tekan tombol “X” untuk menghapus objek cube.
3.    Masukkan objek silinder dengan shortcut “Shift + A” kemudian pilih Cylinder.
4.    Setelah objek silinder muncul dilayar, lihat dipengaturan properties pada sidebar sebelah kiri, ubah nilai vertices menjadi 17 (klik dua kali, hapus angka sebelumnya menjadi 17 kemudian tekan tombol enter
5.    Masuk ke edit mode atau (tekan tombol Tab di keyboard) kemudian hapus vertex yang ada diatas silinder dengan memilih bagian Vertices.
6.    Kemudian kita tebalkan silinder tersebut yang sudah menyerupai sebuah gelas Mug.
7.    Dengan cara “klik modifier - add modifier- pilih solidify” pada sidebar sebelah kanan
8.    Isikan Thickness pada properti solidify dengan angka 0.2”. Kemudian kembali ke object mode/Tab kemudian klik Apply pada property.
9.    Silinder sudah tebal menyerupai “gelas Mug dan ubah pandangan gambar tampak menjadi Font Orthogonal
10. Selanjutnya, kita akan membuat gagang gelas dengan memberikan garis lingkar /segment pada objek silinder sesuai ketinggian. Caranya pilih Edit mode/tab kemudian tekan shortcut Ctrl R, roda mouse ditarik hingga terdapat 5 segmen garis lingkar (warna pink) kemudian unselect/Shortcut A.
11. Kemudian, kita akan menumbuhkan handle/gagang gelas Mug melalui permukaan kotak yang sudah dibuat. Pertama lakukan multiple selection dengan memilih seleksi permukaan dengan perintah tekan Ctrl Tab kemudian pilih “face”. Kedua lakukan seleksi 2 kotak dengan perintah tekan dan tahan SHIFT + klik permukaan dua kota tersebut.
12. Ubah tampilan menjadi tampak samping, klik View, Right, Ortho.
13. Lakukan extrude untuk menumbuhkan handle gelas Mug, berikan perintah tombol E” pada keyboard kemudian geser mouse ke kiri.
14. Pada tampak prespektif kita akan lakukan penyambungan handle. Pertama kita lakukan rotasi pada masing-masing permukaan dengan sudut kemiringan 45 derajat. Caranya seleksi permukaan handle bagian atas kemudian rotasikan dengan perintah R, X, 45. Kedua lakukan dengan cara yang sama seleksi bagian permukaan bawah dengan perintah R, X, -45.
15. Lakukan penyambungan antara kedua permukaan, caranya hapus dulu kedua permukaan dengan tombol X kemudian pilih Face. Hal yang sama dilakukan pada langkah penyambungan kursi pada tutorial sebelumnya.
16. Pastikan kedua permukaan handle sudah terlubangi. Selajutnya ganti mode seleksi menjadi seleksi mode garis/edge. Seleksi kedua garis yang berhadapan lalu sambungkan dengan perintah Ctrl + Tab, pilih Edge seleksi garis dan sambungkan dengan perintah “F” seperti gambar dibawah ini. Sambungkan semua garis handle yangg berhadapan.
17. Proses pemodelan silindris dengan objek gelas Mug sudah selesai. Langkah berikutnya adalah memberikan efek agar gelas Mug tampak halus.
18. Kembalikan ke posisi Edit Mode kemudian klik Smooth pada properties di sidebar sebelah kiri. Pada tahap ini model Mug belum sepenuhnya bagus perlu diberikan efek halus subdivision surface pada pembahasan selanjutnya.

Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close