Pemodelan (Modelling) adalah proses membuat objek sebagai wujud ide yang akan dikomunikasikan. Dalam membuat sebuah video presentasi untuk menyampaikan sebuah gagasan atau konsep produk diperlukan sebuah rekayasa visual. Bila ide produk/prototipe yang belum dapat direalisasikan maka diperlukan sebuah visualisasi baik berupa 2D atau 3D.
Praktik
basic modelling dengan sebuah objek
berbasis silinder dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1.
Buka perangkat lunak Blender
2.
Hapus objek kubus dengan seleksi objek (klik
kanan) dan tekan tombol “X” untuk menghapus objek cube.
3.
Masukkan objek silinder dengan shortcut “Shift
+ A” kemudian pilih Cylinder.
4.
Setelah objek silinder muncul dilayar, lihat
dipengaturan properties pada sidebar sebelah kiri, ubah nilai vertices menjadi 17
(klik dua kali, hapus angka sebelumnya menjadi 17 kemudian tekan tombol enter
5.
Masuk ke edit
mode atau (tekan tombol Tab di keyboard) kemudian hapus vertex yang ada
diatas silinder dengan memilih bagian Vertices.
6.
Kemudian kita tebalkan
silinder tersebut yang sudah menyerupai sebuah gelas Mug.
7.
Dengan cara “klik modifier - add modifier-
pilih solidify” pada sidebar sebelah kanan
8.
Isikan Thickness
pada properti solidify dengan
angka “0.2”. Kemudian kembali ke object mode/Tab kemudian
klik Apply pada property.
9.
Silinder sudah tebal
menyerupai “gelas Mug” dan ubah pandangan
gambar tampak menjadi
Font Orthogonal
10.
Selanjutnya, kita akan membuat gagang gelas
dengan memberikan garis lingkar /segment
pada objek silinder sesuai ketinggian. Caranya pilih Edit mode/tab kemudian tekan shortcut Ctrl R, roda mouse ditarik hingga terdapat 5 segmen
garis lingkar (warna pink) kemudian
unselect/Shortcut
A.
11. Kemudian,
kita akan menumbuhkan handle/gagang
gelas Mug melalui permukaan kotak
yang sudah dibuat. Pertama lakukan multiple selection dengan memilih
seleksi permukaan dengan
perintah tekan “Ctrl Tab”
kemudian pilih “face”. Kedua lakukan seleksi
2 kotak dengan
perintah tekan dan tahan SHIFT +
klik permukaan dua kota tersebut.
12. Ubah
tampilan menjadi tampak samping, klik
View, Right, Ortho.
13. Lakukan extrude untuk menumbuhkan handle gelas
Mug, berikan perintah tombol “E” pada keyboard kemudian geser mouse ke kiri.
14.
Pada tampak prespektif kita akan lakukan
penyambungan handle. Pertama kita
lakukan rotasi pada masing-masing permukaan dengan sudut kemiringan 45 derajat.
Caranya seleksi permukaan handle bagian atas kemudian rotasikan dengan perintah R, X, 45. Kedua lakukan dengan cara
yang sama seleksi bagian permukaan bawah dengan perintah R, X, -45.
15.
Lakukan penyambungan antara kedua permukaan,
caranya hapus dulu kedua permukaan dengan tombol X kemudian pilih Face.
Hal yang sama dilakukan pada langkah penyambungan kursi pada tutorial sebelumnya.
16.
Pastikan kedua permukaan handle sudah terlubangi. Selajutnya ganti mode seleksi menjadi
seleksi mode garis/edge. Seleksi
kedua garis yang berhadapan lalu sambungkan dengan perintah Ctrl + Tab, pilih Edge seleksi
garis dan sambungkan dengan perintah “F”
seperti gambar dibawah ini. Sambungkan semua garis handle yangg berhadapan.
17.
Proses pemodelan silindris dengan objek gelas
Mug sudah selesai. Langkah berikutnya
adalah memberikan efek agar gelas Mug tampak halus.
18.
Kembalikan ke posisi Edit Mode kemudian klik Smooth
pada properties di sidebar sebelah kiri. Pada tahap ini model Mug belum sepenuhnya bagus perlu
diberikan efek halus subdivision surface pada
pembahasan selanjutnya.
Share :
0 comments:
Post a Comment