Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Menganimasi Model menggunakan software Blender

Menganimasi Model pada Software Blender
Terdapat beberapa teknik dalam memberikan animasi pada model. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1.    Camera Angle

Camera angle adalah sudut pengambilan gambar suatu objek. Dengan sudut tertentu kita bisa menghasilkan suatu shot yang menarik. Dengan perspektif yang unik akan menciptakan kesan tertentu pada objek yang ditayangkan. Camera angle menentukan wilayah dan titik pandang yang direkam oleh kamera.
Sebuah film atau animasi terbentuk dari banyak bidikan kamera (shot), setiap shot membutuhkan penempatan kamera yang terbaik bagi pandangan penonton. Pemilihan angle kamera yang baik akan meningkatkan kualitas dramatik dari objek yang disampaikan.
Konsep akan berhasil disampaikan dengan bahasa visual yang baik jika terdapat kesinambungan kejadian/proses yang ditampilkan dari berbagai sudut pandang.
Camera angle sangat diperlukan untuk menyajikan infomasi visual dengan rangkaian bidikan kamera yang mampu mengomunikasikan informasi menjadi lebih baik dan mudah dipahami melalui bahasa visual.

2.    Jenis Camera Angle

Angle Kamera Objektif : Kamera ini melakukan pengambilan gambar mewakili pandangan penonton. Penonton menyaksikan peristiwa yang dilihatnya melalui mata pengamat yang tersembunyi, diwakili oleh kamera. Angle kamera ini tidak mewakili pandangan siapapun dalam film, kecuali pandangan penonton atau netral. Sebagian besar tayangan disajikan dari angle kamera yang objektif.
Angle Kamera Subjektif : Kamera subjektif merekam dari titik pandang seseorang. Penonton ikut berpartisispasi dalam peristiwa yang disaksikannya sebagai pengalaman pribadinya. Penonton dilibatkan dalam tayangan, yaitu ketika presenter memandang ke lensa, terasa penonton diajak berinteraksi dengan presenter.
Angle Kamera Point of View : Angle ini merekam objek dari titik pandang pemain tertentu. Point of view adalah objective angle.

3.    Ukuran Objek

Ukuran Objek dapat ditentukan berdasarkan:
a.    Perbandingan ukuran objek terhadap luas area frame;
b.    Penggunaan lensa kamera dengan focal length tertentu akan menciptakan ukuran objek yang berbeda.
FLpanjang = ukuran gambar besar
FLpendek = ukuran gambar kecil
c.    Jarak antara kamera dengan objek
Semakin jauh jarak objek dengan kamera, objek akan tampak semakin kecil. Sebaliknya semakin dekat objek dengan kamera akan menjadikan objek tampak semakin besar


Pengambilan Sudut Kamera Pada Blender
Dalam pengaturan sudut kamera pada aplikasi blender sangatlah berbeda dengan pengambilan gambar menggunakan perangkat perekam video seperti kamera digital, handycam/digital recorder. Blender memiliki fitur view camera seperti gambar berikut ini.
Pengaturan untuk menempatkan sudut kamera pada objek dapat dilakukan dengan klik View, pilih Camera (Numpad 0). Kemudian aturlah bagian properties (+) pada pojok kanan atas workarea blender. Klik tombol (+) kemudian pastikan muncul setting properties.
Setelah setting properties terbuka, klik Lock Camera to View hingga tercentang, aturlah posisi kamera untuk menentukan sudut pengambilan gambar yang diinginkan. Tahan midle mouse / klik tengah dengan mengeser mouse untuk menentukan bidikan kamera. Jika bidikan kamera sudah sesuai silakan ceklis pada n dan silakan dinonaktifkan. Dan tutup kembali setting properties dengan cara menggeser bar ke kanan atau menekan tombol N.

Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close