Terdapat beberapa
teknik dalam memberikan animasi pada model.
Diantaranya adalah sebagai
berikut.
1. Camera Angle
Camera
angle adalah sudut pengambilan gambar suatu objek.
Dengan sudut tertentu kita bisa menghasilkan suatu shot yang menarik. Dengan perspektif yang unik akan menciptakan
kesan tertentu pada objek yang ditayangkan. Camera
angle menentukan wilayah dan titik pandang yang direkam oleh kamera.
Sebuah film atau
animasi terbentuk dari banyak bidikan kamera (shot), setiap shot membutuhkan
penempatan kamera yang terbaik bagi pandangan penonton. Pemilihan angle kamera yang baik akan meningkatkan
kualitas dramatik dari objek yang disampaikan.
Konsep akan berhasil
disampaikan dengan bahasa visual yang baik jika terdapat kesinambungan
kejadian/proses yang ditampilkan dari berbagai sudut pandang.
Camera
angle sangat diperlukan untuk menyajikan infomasi
visual dengan rangkaian bidikan kamera yang mampu mengomunikasikan informasi
menjadi lebih baik dan mudah dipahami
melalui bahasa visual.
2. Jenis Camera Angle
Angle Kamera Objektif : Kamera ini melakukan
pengambilan gambar mewakili pandangan penonton. Penonton menyaksikan peristiwa
yang dilihatnya melalui mata pengamat yang tersembunyi, diwakili oleh kamera. Angle kamera ini tidak mewakili
pandangan siapapun dalam film, kecuali pandangan penonton atau netral. Sebagian
besar tayangan disajikan dari angle kamera
yang objektif.
Angle Kamera Subjektif : Kamera subjektif merekam
dari titik pandang seseorang. Penonton ikut berpartisispasi dalam peristiwa
yang disaksikannya sebagai pengalaman pribadinya. Penonton dilibatkan dalam
tayangan, yaitu ketika presenter memandang ke lensa, terasa penonton diajak
berinteraksi dengan presenter.
Angle Kamera Point of View :
Angle ini merekam objek dari titik
pandang pemain tertentu. Point of view adalah
objective angle.
3. Ukuran Objek
Ukuran Objek dapat
ditentukan berdasarkan:
a. Perbandingan
ukuran objek terhadap luas area frame;
b. Penggunaan
lensa kamera dengan focal length tertentu
akan menciptakan ukuran objek yang berbeda.
FLpanjang
= ukuran gambar besar
FLpendek
= ukuran gambar kecil
Semakin
jauh jarak objek dengan kamera, objek akan tampak semakin kecil. Sebaliknya
semakin dekat objek dengan kamera akan menjadikan objek tampak semakin besar
Dalam
pengaturan sudut kamera pada aplikasi blender sangatlah berbeda dengan pengambilan
gambar menggunakan perangkat perekam video seperti kamera digital, handycam/digital recorder. Blender
memiliki fitur view camera seperti gambar
berikut ini.
Pengaturan untuk menempatkan
sudut kamera pada objek dapat dilakukan dengan klik View, pilih Camera (Numpad
0). Kemudian aturlah bagian properties (+) pada pojok
kanan atas workarea
blender. Klik tombol
(+) kemudian pastikan muncul setting properties.
Setelah setting properties terbuka, klik Lock Camera to View hingga tercentang, aturlah posisi kamera untuk
menentukan sudut pengambilan gambar yang diinginkan. Tahan midle mouse / klik tengah dengan mengeser mouse untuk menentukan bidikan kamera. Jika bidikan kamera sudah
sesuai silakan ceklis pada n dan
silakan dinonaktifkan. Dan tutup kembali setting
properties dengan cara menggeser bar ke kanan atau menekan tombol N.
0 comments:
Post a Comment