SELAYANG PANDANG
RPL
adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan
merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL
adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara
pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen
organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Bukan hanya itu
RPL juga berkaitan dengan software computer mulai dari pembuatan website,
aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai
bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal
yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan
rekayasa perangkat lunak tersebut.
Manfaat
yang dapat kita rasakan dalam mempelajari berbagai macam pelajaran yang ada
dalam jurusan Rekayasa Perangkat Lunak tersebut contohnya saja seperti :
·
Dapat
mengerti cara membuat aplikasi bukan hanya menggunakan
·
Bisa
belajar dimana saja
·
Mendapatkan
ilmu yang tak ternilai harganya
·
Cukup
lancar satu keahlian
·
Banyak
pekerjaan dimana-mana
Syarat
yang harus kamu siapkan untuk masuk ke jurusan RPL adalah :
·
Mental yang kuat
·
Logika yang jalan dan kuat
·
Giat dan mau belajar dengan
keras
·
Rajin mencoba dan pantang
menyerah
·
Laptop dengan spesifikasi
yang lumayan tentunya untuk mensupport aplikasi-aplikasi yang akan digunakan
Berdasarkan Piagam
Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Nomor Mk.032802 tanggal 25 Oktober
2016 dan Berdasarkan SK Penetapan Hasil Akreditasi Nasional BAP-SM Nomor
200/BAP-S/M/SK/X/2016 bahwa Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI
5 Jember dinyakatan mendapatkan peringkat A.
VISI DAN MISI
VISI : Menjadikan
Lulusan SMK PGRI 05 Jember, yang mampu bersaing
dalam era digitalisasi
MISI :
1. Menjadikan Lulusan SMK PGRI 05 Jember yang mandiri,terampil, handal
dan profesional di bidang programing
2. Menjadikan
lulusan SMK PGRI 05 Jember yang memliki talenta sebagai calon pengusaha muda
indonesia.
3. Terciptanya proses pembelajaran yang sinergi
antara sekolah dengan dunia usaha/dunia industri.
4. Standarisasi kompetensi nasional (SKNI)
Merupakan tujuan akhir dari Rekayasa Perangkat Lunak pada proses pembelajaran
di SMK PGRI 05 Jember
KOMPETENSI KEAHLIAN YANG
DIPEROLEH :
Program Keahlian
|
Teknik Komputer dan Informatika
|
|
Paket Keahlian
|
Rekayasa Perangkat Lunak
|
|
1
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
|
2
|
Fisika dan Kimia
|
|
3
|
Sistem Komputer
|
|
4
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
|
5
|
Pemrograman Dasar
|
|
6
|
Dasar Design Grafis
|
|
7
|
Pemodelan Perangkat Lunak
|
|
8
|
Pengolahan Basis Data
|
|
9
|
Pemrograman Berbasis Objek
|
|
10
|
Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
|
|
11
|
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
|
|
DU/DI DAN MITRA PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
1
|
Balai Latihan Kerja (BLK) Kab. Jember
|
2
|
PT Universal Big Data - Malang
|
3
|
Puskesmas Kencong
|
PELUANG KERJA :
1
|
Konfersi PSD ke WordPress
|
2
|
Developer IT
|
3
|
Programmer
|
4
|
IT colsultant
|
5
|
System Analyst dan system integrator
|
6
|
Database engineer / data base administrator
|
7
|
Web engineer
|
8
|
Computer network / data communication
engineer
|
9
|
Game developer
|
10
|
Intellegent system developer
|
11
|
Software tester
|
PRESTASI YANG DIPEROLEH :
NO
|
JENIS KEJUARAAN
|
TINGKAT
|
TAHUN
|
PRESTASI
|
1
|
Coding Competition
|
Kab/Kota
|
2014
|
Juara 1
|
2
|
Lks Bidang Web Design Smk Wilker Ii Jawa
Timur
|
Propinsi
|
2019
|
Juara
1
|
0 comments:
Post a Comment