Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Contoh Soal Uji Semester Genap SIMKOMDIG



1
Implikasi penggunaan teknologi dunia maya yang baik dan benar adalah

A
Pemilihan kata yang berbelit-belit dan tidak ringkas

B
Menyinggung pihak lain

C
Memberikan informasi rahasia

D
Pemilihan kata yang tepat saat berkomunikasi



2
Setiap orang punya hak untuk memakai fasilitas TIK, tapi tidak setiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengakses …..

A
komunikasi

B
gadget

C
teknologi

D
internet



3
Dalam jual-beli online, penjual dan pembeli harus menyadari keuntungan jual-beli online dan…. jual beli online

A
Kemudahan

B
Resiko

C
Laba

D
Kerusakan



4
Setiap warga digital juga punya kewajiban yang harus terpenuhi, membantu pemanfaatan teknologi dan…

A
berlaku seenaknya sendiri

B
menggunakan teknologi tanpa kenal lelah

C
memanfaatkan teknologi untuk jual beli online

D
mengikuti aturan yang berlaku



5
Komponen kewargaan digital di Kehidupan Anda di Luar Lingkungan Sekolah, kecuali…

A
Hukum Digital

B
Hak digital

C
Transaksi Digital

D
Kesehatan Digital



6
Fungsi dari Etiket Digital adalah dibuat dengan tujuan menjaga…

A
Perasaan dan kenyamanan user lainnya

B
Kemudahan bertransaksi

C
Jual beli online

D
Pihak yang bertanggungjawab



7
Warga digital merupakan ….yang memanfaatkan TI untuk membangun komunitas,bekerja, dan berekreasi

A
perusahaan

B
individu

C
masyarakat

D
industri



8
Definisi dari kewargaan digital adalah norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab terkait dengan…

A
kerusakan teknologi

B
penggunaan teknologi

C
kemudahan teknologi

D
akses teknologi



9
Komunikasi teknologi dapat dilakukan di lingkungan…, kecuali…

A
akademis

B
lingkungan kerja

C
lingkungan umum

D
lingkungan industri



10
Salah satu Komponen dalam lingkungan belajar dan akademis yaitu..

A
kewargaan digital

B
etiket digital

C
literasi digital

D
hak digital



11
Internet merupakan jaringan global dan internasional. Internet kepanjangan dari

A
Internal Network

B
International Network

C
Internal Networking

D
Interconnection Networking



12
Salah satu software yang digunakan untuk browsing internet adalah

A
Google Drive

B
Google Adword

C
Google Chrome

D
Google Calender



13
Sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi atau menemukan file-file yang terdapat dalam website-website di internet disebut

A
Searching

B
Searching Engine

C
Finding

D
Find and Replace



14
Dibawah ini contoh dari software search engine, kecuali

A
MSN

B
AltaVista

C
Google

D
Mozilla



15
Search Engine mempunyai program khusus yaitu

A
Algoritma

B
Spider Crawler

C
Sistematika

D
Pascal



16
Untuk mencari dokumen di internat dengan menggunakan google, maka kita ketik http://google.com pada

A
Web Addres

B
Web Server

C
Web Client

D
Website



17
Berikut adalah hal yang seharusnya tidak dilakukan saat melakukan pencarian di search engine apabila menginginkan hasil yang dicapai akurat yaitu

A
Jangan gunakan kata kunci yang terlalu umum

B
Jangan gunakan operator boolean

C
Masukkan keyword secara singkat dan jelas

D
Manfaatkan fitur khusus yang disediakan oleh search engine



18
Apabila kita menginginkan hasil dari pencarian adalah definisi dari WEBSITE, maka keyword yang harus dimasukkan adalah

A
Definisi website

B
Define:website

C
Website

D
Website definition



19
Dalam pencarian kita bisa menggunakan tanda + dan tanda -. Fungsi tanda – pada keyword adalah untuk

A
Untuk mengurangi hasil pencarian

B
Untuk mencari angka minus

C
Sebagai tanda hubung

D
Memastikan kata yang diberi tanda – tidak terdapat muncul pada hasil pencarian



20
Apabila kita memasukkan keyword filetype: pdf maka hasil yang muncul pada search engine adalah

A
Semua kata FILETYPE PDF

B
Semua kata PDF

C
Semua dokumen bertipe PDF

D
Semua dokumen yang bukan bertipe PDF





21
Proses penyampaian informasi atau gagasan dari seorang komunikator kepada komunikan dengan menggunakan simbol - simbol

A
Komunikasi

B
Komunikasi Dalam Jaringan

C
Komunikasi Dalam Jaringan Sinkron

D
Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron



22
Salah satu manfaat dari komunikasi adalah untuk mengendalikan. Maksudnya adalah

A
Memberikan informasi kepada penerima pesan

B
Mengarahkan penerima pesan supaya mau melakukan seperti yang diinginkan oleh pemberi pesan

C
Mengarahkan penerima pesan ke arah yang lebih baik

D
Untuk mencurahkan isi hati pemberi pesan



23
Berikut adalah fungsi - fungsi dari komunikasi secara umum, kecuali

A
Pemberi motivasi

B
Sebagai pengendali

C
Sebagai pengekang

D
Curahan isi hati



24
Anton sudah lama tidak bertemu dengan sahabatnya saat dia masih duduk di SMK. dikarenakan sahabatnya tersebut sedang berada di Jakarta untuk mencari pekerjaan serta melanjutkan kuliah disana. Untuk dapat mendengar kabar sahabatnya tersebut, Anton rutin mengirim surat sebulan sekali pada sahabatnya tersebut.
Dari penggalan cerita pendek tersebut diatas, Anton melakukan komunikasi ...

A
Nirkata

B
Nonverbal

C
Isyarat

D
Verbal



25
Orang yang tuna rungu dan tuna wicara masih bisa melakukan komunikasi dengan cara komunikasi ...

A
Nirkata

B
Verbal

C
Lisan

D
kata



26
Salah satu cara berkkomunikasi yang memanfaatkan perkembangan dunia digital / dunia IT disebut dengan

A
Komunikasi

B
Komunikasi Dala Jaringan

C
Komunikasi Dalam Jaringan Sinkron

D
Komunikasi Dalam Jaringa Asinkron



27
Protokol komunikasi dalam jaringan pertama kali diuncurkan pada tahun

A
1906

B
1960

C
1969

D
1996



28
Berikut adalah keunggulan dari komunikasi dalam jaringan, kecuali

A
Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja

B
Terintegrasi dengan pengguna TI lainnya

C
Meningkatkan partisipasi

D
Memerlukan perangkat khusus



29
Salah satu kelemahan dari komunikasi dalam jaringan adalah

A
Banyaknya informasi yang tidak penting

B
Meningkatkan partisipasi

C
Terintegrasi dengan pengguna TI lainnya

D
Efisien waktu



30
Komunikasi yang dilakukan dengan memanfaat dunia digital yang dilakukan pada saat yang bersamaan adalah

A
Komunikasi dalam jaringan

B
Komunikasi dalam jaringan sinkron

C
Komunikasi dalam jaringan asinkron

D
Komunikasi



31
Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet namun si penerima pesan tidak sedang online disebut dengan

A
Komunikasi dalam jaringan

B
Komunikasi dalam jaringan sinkron

C
Komunikasi dalam jaringan asinkron

D
Komunikasi



32
Salah satu contoh komunikasi dalam jaringan sinkron adalah penggunaan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Aplikasi tersebut disebut dengan

A
Text chat

B
E-mail

C
Surel

D
Video chat



33
Aplikasi surat menyurat yang dilakukan dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringa internet disebut dengan

A
Surel

B
Aurel

C
Purel

D
Ariel



34
E-mail dibanding dengan surat konvensional memiliki beberapa kelebihan kecuali

A
Bisa langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu singkat

B
Dapat menampung lampiran berupa kertas

C
Dapat menampung lampiran berupa file digital

D
Sebagian besar e-mail tidak berbayar kecuali biaya koneksi internet



35
Dengan menggunakan akun google, kita bisa mengakses berbagai aplikasi google lainnya selain e-mail. Salah satu aplikasi berfungsi untuk mencatat agenda kegiatan yang akan kita lakukan, disebut dengan

A
Google Playstore

B
Google Drive

C
Google Calender

D
POP and Forwarding



36
Aplikasi google yang digunakan untuk menyimpan dokumen / file kita di internet serta bisa kita bagikan dengan orang lain adalah

A
Google Playstore

B
Google Calender

C
POP and Forwarding

D
Google Drive



37
Ketika kita mengirim e-mail terdapat fungsi CC dan BCC. Fungsi CC adalah untuk

A
Mengirimkan tembusan dengan seluruh alamat tahu kemana saja email itu dikirim

B
Mengirimkan tembusan dengan seluruh alamat tidak tahu kemana saja email itu dikirim

C
Untuk melampirkan file digital

D
Untuk mengatur perihal e-mail



38
Untuk melampirkan file digital pada saat pengiriman email dengan memilih

A
CC

B
Attachment

C
Subject

D
BCC



39
Ketika kita mau mengirimkan tembusan namun kita tidak ingin alamat yang kita kirim tahu kemana saja email tersebut dikirim, maka alamat tembusan kita tulis pada

A
CC

B
Attachment

C
BCC

D
To



40
Dalam berkomunikasi dalam jaringan sinkron, ada beberapa tata krama yang harus kita patuhi antara lain sebagai berikut, kecuali

A
Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan huruf kapital

B
Kejelasan penulisan subjek

C
Segera menanggapi pesan yang diterima

D
Meneruskan pesan yang tidak penting

41
Suatu upaya untuk meningkatkan pembelajaran sehingga bisa dilsaknakan dimana saja dan kapan saja adalah

A
Kelas maya

B
Kelas kovensional

C
Pembalajaran Luring

D
Kelas tatap muka



42
Ada 6 potensi kunci yang kita dapat dari pembelajaran kelas maya, diantaranya adalah sebagai berikut

A
Konektivitas, Fleksibilitas, Interaksi, Komunikasi

B
Konektifitas, Fleksibilitas, Interaksi, Kolaborasi

C
Konektifitas, Fleksibilitas, Komunikasi, Kolaboras

D
Konektifitas, Efektifitas, Komunitas Kolaborasi



43
Selama Anda memanfaatkan koneksi internet, Anda akan mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, Anda juga tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan mesin pencari seperti Google atau Bing. Deskripsi diatas adalah penjelasan dari potensi kunci kelas maya, yaitu

A
Interaksi

B
Kolaborasi

C
Konektifitas

D
Peluang Pengembangan



44
Dengan memanfaatkan TIK, Anda dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun mengerjakan ujian di manapun dan kapanpun Anda inginkan. Dalam beberapa model ujian, Anda juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Anda Deskripsi diatas adalah penjelasan dari potensi kunci dari kelas maya, yaitu

A
Peluang pengembangan

B
Kolaborasi

C
Motivasi

D
Interaksi



45
Menurut Rasthy tahun 1999, model pembelajaran kelas maya dibagi menjadi 3 (tiga) jenis dibawah ini, kecuali

A
e-learning

B
Blended

C
Adjunct

D
Fully Online



46
Model pembelajaran kelas maya yang bertujuan sebagai penunjang pembelajaran kelas konvensional adalah model

A
Blended

B
Adjunct

C
Mixed

D
Fully online



47
Pembelajaran kelas maya yang dipergunakan untuk mengganti seluruh kegiatan pembelajaran kelas konvensional adalah model

A
Adjunct

B
Mixed

C
Fully Online

D
Blended



48
Model pembelajaran mixed pada pembelajaran kelas maya berfungsi   sebagai

A
Complement

B
Replacement

C
Suplement

D
Mengganti keseluruhan



49
Aplikasi yang digunakan untuk mengelola pembelajaran, mengirimkan konten (content delivery system), dan melacak aktivitas daring seperti memastikan kehadiran dalam kelas maya, memastikan waktu pengumpulan tugas, dan melacak hasil pencapaian siswa adalah deskripsi dari software pembelajaran kelas maya

A
LCMS

B
LMS

C
SLN

D
SLNs



50
Sebuah aplikasi yang digunakan oleh pemilik konten untuk mendaftar (register), menyimpan (store), menggabungkan (assembly), mengelola (manage), dan memublikasikan (publish) konten pembelajaran untuk penyampaian melalui web, bentuk cetak, maupun CD adalah software penyedia pembelajaran kelas maya jenis

A
LMS

B
SLN

C
SLNs

D
LCMS



51
Salah satu yang persamaan antara EDMODO dengan Facebook adalah

A
Semua fitur pada platform tersebut bebas digunakan /tidak berbayar

B
Open and Closed Group collaboration

C
Fasilitas chatting / pengiriman perpesanan

D
Pengguna dibatasi oleh usia yaitu 13 thn ke atas



52
Fungsi dari kode grup saat kita mau membuat akun di EDMODO adalah untuk

A
Password pada saat kita login

B
Bergabung dengan grup / kelas tertentu

C
Username pada saat kita login

D
Membuka kunci akses pada mata pelajaran tertentu



53
Kita dapat menulis hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran dan akan dilihat oleh kawan sekelas kita pada fitur

A
Progress

B
Backpack

C
Search

D
Note



54
Fitur yang memiliki fungsi untuk melihat kode yang akan dibagikan kepada orang tua supaya orang tua terhubung dengan akun kita adalah

A
Progress

B
Home

C
Backpack

D
Parents Code



55
Untuk mengganti foto profil pada akun edmodo adalah dengan cara

A
Me - setting

B
Home - setting

C
Seacrh - profil

D
Search - photo



56
Untuk melihat capaian hasil evaluasi pembelajaran pada edmodo adalah dengan cara pilih fitur

A
Backpack

B
Progress

C
Search

D
Note



57
Untuk mengerjakan tugas berupa assigment dalam edmodo adalah dengan .... sebagai pintu masuk

A
Turn In

B
Start Quiz

C
Open It

D
Walk In



58
Berikut ini adalah informasi yang tidak terdapat dalam tugas assigment di edmodo adalah

A
Judul tugas yang diberikan

B
Tanggal pengumpulan tugas

C
Guru pembuat tugas

D
Deskripsi tugas



59
Apabila kita mengerjakan tugas kemudian tugas tersebut perlu diperbaiki dan mengirim ulang maka yang perlu kita lakukan adalah dengan klik tombol

A
Turn In

B
Resubmit Assigment

C
Turn In Back

D
Witing For Grade



60
Sedangkan quiz di edmodo untuk mengerjakannya adalah dengan cara klik tombol

A
Turn In

B
Take Quiz

C
Start Quiz

D
Resubmit

61
Video yang digunakan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan dan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja disebut dengan

A
Video Cerita

B
Video Berita

C
Video Presentasi

D
Video Dokumentasi



62
Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang disebut dengan

A
Video Cerita

B
Video Berita

C
Video Presentasi

D
Video Pembelajaran



63
Ciri – ciri dari presentasi video adalah sebagai berikut, kecuali

A
Mengomunikasikan ide

B
Memberikan materi

C
Menunjukkan solusi

D
Menunjukkan cara kerja



64
Salah satu yang harus diperhatikan pada presentasi video produk benda jadi atau cara kerja

A
Dapat diberi backsound sesuai keinginan

B
Alur yang dipergunakan harus logis

C
Urutan terjaga kontiuitasnya

D
Dapat menggunakan saksi dari ahli



65
Berikut adalah tahapan pra produksi yang harus dilakukan sebelum membuat video, kecuali

A
Merumuskan masalah

B
Melakukan rendering

C
Menyusun treatment

D
Menyusun sinopsis



66
Masalah dalam pembuatan presenasi video adalah kesenjangan antara kondisi Ideal dengan kondisi nyata tersebut harus dicarikan solusi penyelesaiannya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merumuskan masalah, kecuali

A
Amatilah sebuah produk atau cara kerja

B
Kumpulkanlah kemungkinan-kemungkinan solusi untuk mengatasi masalah tersebut

C
Carilah informasi apakah kekuarangan produk atau cara kerja tersebut menimbulkan masalah bagi penggunanya

D
Menyusun traetmen yang sebanyak - banyaknya



67
Ide yang baik dalam menyusun sebuah presentasi video adalah ide yang

A
Hasil plagiat dari video yang ditonton

B
Ide disusun berdasarkan permasalahan yang dirumuskan

C
Mengcopy ide orang lain

D
Diutamakan ide sendiri meskipu tidak sesuai dengan persamalahan yang dirumuskan



68
Suatu peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita singkat, ringkas, padat dan jelas, tanpa menghilangkan unsur – unsur pentingnya disebut dengan

A
Sinposis

B
Treatment

C
Masalah

D
Konsep



69
Langkah menyusun urutan adegan, sehingga adegan tersebut menjadi cerita yang menarik disebut dengan

A
Sinposis

B
Treatment

C
Masalah

D
Konsep



70
Teks yang berisi gambaran alur cerita yang akan terlihat di layar, naskah dalam pembuatan video disebut dengan

A
Sinopsis

B
Treatment

C
Masalah

D
Naskah



71
Sebelum memulai menulis naskah untuk kepentingan dan tujuan apapun sebaiknya mencoba memahami terlebih dahulu karakteristik media audio visual. Berikut adalah karakteristik Media Audio Visual

A
Media Audio Visual lebih mengutamakan Visual dari pada suara, meskipun tidak bisa lepas dengan suara yang berperan melengkapi informasi atau pesan visual

B
Melalui Media Televisi, program audio visual dalam setiap kali siar atau tayang dapat ditonton oleh berjuta – juta orang dalam waktu yang sama

C
Biaya untuk memproduksi program audio visual relatif mahal

D
Semua benar



72
Jenis – jenis naskah video dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu non cerita dan cerita. Yang merupakan naskah jenis cerita adalah

A
Iklan

B
Dokumenter

C
Reality Program

D
Feature



73
Menggerakkan kamera pada saat pengambilan gambar secara horizontal disebut dengan

A
Panning

B
Track In

C
Track Out

D
Tilting



74
Menggerakkan kamera pada saat pengambilan gambar dengan menggerakkan menjauh dari objek disebut dengan

A
Panning

B
Track In

C
Track Out

D
Tilting



75
Salah satu software editing video adalah

A
Microsoft Publisher

B
Screen Cast O Matic

C
Windows Movie Maker

D
Corel Draw



76
Pada windows movie maker, untuk menambahkan video adalah dengan cara

A
Import Ã¨ Video

B
Eksport Ã¨ Video

C
Import Ã¨ From Digital Video Camera

D
Import Ã¨ Audio



77
Untuk memotong clip video menjadi beberapa bagian adalah dengan memilih

A
Erase

B
Split

C
Import

D
Edit



78
Titles and Credits pada aplikasi Windows Movie Maker digunakan untuk

A
Memotong clip video

B
Memindah video dari kamera digital

C
Menambahkan tulisan / teks pada video

D
Menambahkan suara / sound pada video



79
Untuk memberikan efek Blur pada clip / video pada Windows Movie Maker adalah dengan memilih

A
Edit Ã¨ Import Media Ã¨ blur

B
Edit Ã¨ Effects Ã¨ blur

C
Edit Ã¨ Transitions Ã¨ blur

D
Edit Ã¨ Pictures Ã¨ blur



80
Untuk menyimpan hasil editing video ke Komputer pada Windows Movie Maker adalah dengan cara

A
Publish To Ã¨ This Computer

B
Save To Ã¨ This Computer

C
Open To Ã¨ This Computer

D
Edit Ã¨ This Computer



Untuk versi PDF bisa didownload disini

Share :

7 comments:

  1. Maaf sekedar mengingatkan, opsi soal pilihan ganda untuk tingkat SMA/SMK/MAN 5 opsi (ABCDE)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mengingatkan. 😊😊🙏🙏

      Delete
  2. Replies
    1. Bisa langsung klik downlod di ppaling bawah ya ka

      Delete

loading...

Advertising

Arsip

 
close