Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Belajar Pemodelan : Subdivision Surface pada Software Blender


Dalam pemodelan objek permukaanya terlihat kasar sehingga perlu untuk menghaluskanya. Blender telah menyiapkan fitur untuk membuat permukaan objek menjadi lebih halus yaitu dengan fitur Subdivision Surface.
Subdivision surface akan menghaluskan permukaan. Permukaan halus dapat dibuat dari bagian yang kasar memperhatikan batas rekursif yang terbagi pada masing-masing bagian poligonal menjadi bagian yang lebih luwes, mendekati permukaan halus.
Letak posisi Subdivision surface ada pada fitur Modifier yang terdapat pada Menu Properties.

Perbandingan antara output sebelum dan setelah menggunakan fitur subdivision surface dapat terlihat setelah dipraktikkan.

Praktik Subdivision Survace pada pemodelan gelas mug

1.    Seleksi objek Mug yang telah dimodel pada praktik sebelumnya.
2.    Pilih Object modifier, pilih Subdivision Surface.
3.    Isikan angka 3 pada properties subdivision - view dan render. Permukaan sudah halus, lakukan pembenahan segmen yang belum sempurna.
4.    Untuk hasil yang lebih baik periksa kembali model yang telah dibuat dan lakukan koreksi segmen garis, bisa dilakukan penambahan segmen garis pada posisi edit mode dan CTRL + R seperti gambar berikut.
5.    Berikan segmen garis pada ujung gelas Mug dengan cara yang sama.
6.    Rapikan bagian dalam dengan pengaturan di subdivisions klik “apply modifier to editing cage” fitur ini untuk menampilkan subdivisions surfaces menjadi lebih kelihatan jelas, selanjutnya berikan garis segmen ALT+R di bagian kearah bawah dalam Mug seperti gambar berikut.
7.    Tingkat kehalusan dapat diatur melalui Subdivision Surface pada properties dengan mengubah angka View dan Render. Semakin halus modelling objek, kerja komputer juga akan menjadi berat.
Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close