Dalam
pemodelan objek permukaanya terlihat kasar sehingga perlu untuk menghaluskanya.
Blender telah menyiapkan fitur untuk membuat permukaan objek menjadi lebih
halus yaitu dengan fitur Subdivision Surface.
Subdivision
surface akan menghaluskan permukaan. Permukaan halus dapat dibuat dari bagian
yang kasar memperhatikan batas rekursif yang
terbagi pada masing-masing bagian poligonal menjadi bagian yang lebih luwes,
mendekati permukaan halus.
Letak posisi Subdivision surface ada pada fitur Modifier yang terdapat pada Menu
Properties.
Perbandingan antara output sebelum dan setelah menggunakan
fitur subdivision surface dapat
terlihat setelah dipraktikkan.
Praktik Subdivision
Survace pada pemodelan gelas mug
1. Seleksi
objek Mug yang telah dimodel pada
praktik sebelumnya.
2. Pilih
Object modifier, pilih Subdivision Surface.
3. Isikan
angka 3 pada properties subdivision -
view dan render. Permukaan sudah halus, lakukan
pembenahan segmen yang belum sempurna.
4. Untuk
hasil yang lebih baik periksa kembali model yang telah dibuat dan lakukan
koreksi segmen garis, bisa dilakukan penambahan segmen garis pada
posisi edit mode dan CTRL + R seperti gambar berikut.
5. Berikan
segmen garis pada ujung gelas Mug dengan
cara yang sama.
6. Rapikan
bagian dalam dengan pengaturan di subdivisions
klik “apply modifier to editing cage” fitur ini untuk menampilkan subdivisions surfaces menjadi lebih
kelihatan jelas, selanjutnya berikan garis segmen ALT+R di bagian kearah bawah dalam Mug seperti gambar berikut.
7. Tingkat
kehalusan dapat diatur melalui Subdivision
Surface pada properties dengan
mengubah angka View dan Render. Semakin halus modelling objek, kerja komputer juga
akan menjadi berat.
Share :
0 comments:
Post a Comment