Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Profil Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Share :
SELAYANG PANDANG
Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan bekal tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.
Kompetensi yang diberikan bagi peserta didik diantaranya pengetahuan dan keteramilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, kemampuan bahasa inggris, dan lain-lain. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Administrasi Perkantoran diharapkan dapat menghasilkan pekerja yang bertanggung jawab dalam mengatur aktifitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan.
Berdasarkan Piagam Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Nomor Mk.032802 tanggal 25 Oktober 2016 dan Berdasarkan SK Penetapan Hasil Akreditasi Nasional BAP-SM Nomor 200/BAP-S/M/SK/X/2016 bahwa Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI 5 Jember dinyakatan mendapatkan peringkat A.

TUJUAN UMUM
Tujuan umum Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

TUJUAN KHUSUS
1
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat
2
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
3
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya,
4
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga,
5
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
6
Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.

VISI DAN MISI
VISI : Beriman dan bertaqwa, profesional dan mampu bersaing di dunia kerja
MISI :
1
Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang jujur, disiplin, mandiri dan mampu bersaing sebagai tenaga kerja sesuai dengan kompetensi keahliannya
2
Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar menjadi manusia produktif sesuai dengan kompetensi keahlianya
3
Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan agar mampu beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional bidang keahliannya

KOMPETENSI YANG DIAJARKAN
1
Simulasi dan Komunikasi Digital
2
Ekonomi Bisnis
3
Administrasi Umum
4
IPA
5
Teknologi Perkantoran
6
Korespondensi
7
Kearsipan
8
Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
9
Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
10
Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
11
Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
12
Produk Kreatif dan Kewirausahaan

KOMPETENSI LULUSAN
1
Pengetikan naskah atau dokumen
2
Penanganan telepon
3
Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
4
Penataan dan pengelolaan arsip
5
Penanganan perjalanan bisnis
6
Penanganan dana kas kecil
7
Penyiapan pertemuan atau rapat
8
Penanganan aplikasi
9
Penanganan informasi melalui internet

DU/DI DAN MITRA PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
1
Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) Malang (Penguji Kompetensi Keahlian)
2
BNN KAB. LUMAJANG
3
Cipta Karya Jember
4
Dinas Kependudukan Kab. Jember
5
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Lumajang
6
Dinas Pendidikan Jember
7
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Jember
8
Dinas Sosial Jember
9
Dinas Sosial Lumajang
10
FIB Uiversitas Negeri Jember
11
Graha Puger Sehat
12
IKIP PGRI Jember
13
Kantor POS Jember
14
Kecamatan Balung
15
Kecamatan Gumukmas
16
Kecamatan Jombang
17
Kecamatan Kencong
18
Kecamatan Puger
19
Kecamatan Tekung
20
Kecamatan Umbulsari
21
Kecamatan Yosowilangun
22
Kementerian Agama Kab. Jember
23
PLN Kencong
24
POLSEK Jombang
25
POLSEK Kencong
26
POLTEK Jember
27
Puskesmas Cakru
28
Puskesmas Kencong
29
Puskesmas Puger
30
Puskesmas Yosowilangun
31
RSI Assuniyah Kencong
32
Samsat Jember (Kaliwates)
33
STIE Mandala Jember
34
Universitas Muhammadiyah Jember
35
Universitas Terbuka Jember
36
UPT Pendidikan Yosowilangun
37
UPT Puskesmas Gumukmas
38
UPT Puskesmas Jombang

PROSPEK KERJA ALUMNI
1
Staff Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
2
Staff perusahaan (bagian pendaftaran, bagian informasi, keuangan, dkk)
3
Sekretaris
4
Asisten sekretaris
5
Tata usaha (kesiswaan, surat menyurat, keuangan, dkk)
6
Resepsionis
7
Assisten Personalia
8
Asisten manajer
9
Wirausaha Mandiri


PRESTASI YANG DIPEROLEH :
Juara 3 dalam Olimpiade Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Tingkat Propinsi Jawa Timur pada tahun 2017 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA)







0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close