Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Fungsi Find (Mencari) dan Replace (Mengganti) Teks


Ketika memformat dokumen dengan banyak halaman, dibutuhkan waktu lebih untuk mencari sebuah kata atau frase tertentu. Tentunya hal ini akan menyulitkan. Oleh karena itu, Microsoft Word menyediakan fitur Find dan Replace. Find digunakan untuk mencari kata atau frase, Replace digunakan untuk mengganti kata atau frase yang telah ditemukan.
Menggunakan fitur find dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
(1) Pada tab HOME, klik Find (CTRL + F) di kelompok Editing.

(2) Panel navigasi (Navigation) akan muncul di sebelah kiri area kerja Microsoft Word.
(3) Ketik kata atau frase yang akan dicari di kotak pencarian navigasi, pada contoh ini digunakan untuk mencari kata “SimulasiDigital” dari dokumen yang sudah diberi heading.

(4) Hasilnya adalah ditemukan beberapa kata “SimulasiDigital”. Ketika pencarian sudah selesai, klik tanda silang (x) di samping kotak pencarian agar dapat keluar dari fitur ini.
(5) Jika ingin memodifikasi kata yang ditemukan, dapat mengetik langsung pada hasil pencarian. Jika hasil yang ditemukan banyak, dapat diganti dengan memanfaatkan fitur Replace dengan cara klik tanda panah.

(6) Kotak dialog Find and Replace akan muncul, kemudian ketik kata yang dicari pada Find what dan ketik kata yang akan diganti pada Replace with.

(7) Klik tombol Replace untuk mengganti hasil pencarian, atau pilih tombol Replace All untuk
mengganti semua kata hasil pencarian.
(8) Jika ingin mengecek satu per satu sebelum mengubah hasil pencarian, gunakan tombol Find Next sehingga hasil akan ditampilkan satu per satu.
(9) Klik tombol More untuk memunculkan pilihan pencarian yang lebih khusus.

Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

Arsip

 
close