Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti K13 Rev 2017


A. Kompetensi Inti

Isi Kurikulum 2013 dikembangkan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan merupakan kualitas minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas untuk setiap mata pelajaran. Kompetensi Inti terdiri atas jenjang kompetensi minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas tertentu, isi umum materi pembelajaran, dan ruang lingkup penerapan kompetensi yang dipelajari.

Jenjang kompetensi dalam KI meningkat untuk kelas-kelas berikut-nya, KI tidak memuat konten khusus mata pelajaran tetapi konten umum, yaitu fakta, konsep, prosedur, metakognitif dan kemampuan menerapkan pengetahuan yang terkandung dalam setiap mata pelajaran. Perluasan penerapan kompetensi yang dipelajari dinyatakan dalam KI, dimulai dari lingkungan terdekat sampai ke lingkungan global. Dalam desain Kurikulum 2013, KI berfungsi sebagai pengikat bagi KD. Dalam fungsi sebagai pengikat, setiap KD yang dikembangkan untuk setiap mata pelajaran di setiap kelas harus mengacu kepada KI.

Kompetensi Inti terdiri atas empat dimensi yang satu sama lain saling terkait, yaitu sikap spiritual (KI 1), sikap sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan keterampilan (KI 4). Keempat dimensi tersebut tercantum dalam pengembangan KD, silabus, dan RPP. Dalam proses pembelajaran, KI 1 dan KI 2 dikembangkan dalam proses pendidikan di setiap kegiatan di sekolah (kelas dan luar sekolah) dengan pendekatan pembelajaran tidak langsung. KI 3 dan KI 4 dikembangkan oleh setiap mata pelajaran dalam pendekatan pembelajaran langsung.

Kompetensi Inti (KI 3) menitikberatkan pada pengembangan pengeta-huan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) dalam jenjang kemampuan kognitif dari mengingat sampai mencipta. KI 4 merupakan peren-canaan kegiatan belajar untuk menerapkan apa yang dipelajari di KI 3 dalam suatu proses pembelajaran yang terintegrasi ataupun terpisah.

Terintegrasi mengandung arti bahwa proses pembelajaran KI 3 dan KI 4 dilakukan pada waktu bersamaan baik di kelas, laboratorium PAI, maupun di luar sekolah. Terpisah mengandung makna bahwa pembelajaran mengenai KI 3 terpisah dalam waktu dan/atau tempat dengan KI 4. Keputusan mengenai pembelajaran terintegrasi atau terpisah ditentukan sepenuhnya dalam silabus dan RPP, berdasarkan pertimbangan mengenai konten KD untuk KI 3 dan KD untuk KI 4.

Kompetensi Inti 1 (KI 1) berkaitan dengan sikap spiritual. KI 2 berkaitan dengan sikap sosial. KI 3 berkaitan dengan pengetahuan, dan KI 4 berkaitan dengan keterampilan. Setiap KI dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk Kompe-tensi Dasar (KD). Kompetensi Dasar (KD) dari setiap KI menjadi rujukan guru dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP meru-pakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembela-jaran peserta didik dalam upaya mencapai KD.

Lingkup kompetensi minimal pada jenjang SMA/SMK Kelas X sampai XII meliputi lingkungan keluarga, teman, guru, dan tetangga. Kompetensi minimal tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut oleh satuan pendidikan yang telah memenuhi standar nasional pendidikan.

B. Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai KI yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran dikembangkan dengan merujuk kepada KI dan setiap KI memiliki KD yang sesuai. Dengan perkataan lain, KI 1 memiliki KD yang berkaitan dengan sikap spiritual, KI 2 memiliki KD yang berkaitan dengan sikap sosial, KI 3 memiliki KD yang berkaitan dengan pengetahuan, dan KI 4 memiliki KD yang berkaitan dengan keterampilan.

KI 1, KI 2, dan KI 4 dikembangkan melalui proses pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI 3, KI 1, dan KI 2 tidak diajarkan langsung, tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran.

Setiap Kompetensi berimplikasi terhadap tuntutan proses pembelajaran dan penilaian. Hal ini bermakna bahwa pembelajaran dan penilaian pada tingkat yang sama memiliki karakteristik yang relatif sama dan memungkinkan terjadinya akselerasi belajar dalam 1 (satu) tingkat kompetensi. Selain itu, untuk tingkat kompetensi yang berbeda menuntut pembelajaran dan penilaian dengan fokus dan penekanan yang berbeda pula. Semakin tinggi tingkat kompetensi, semakin kompleks intensitas pengalaman belajar peserta didik dan proses pembelajaran serta penilaian KI dan KD yang dimaksud di atas mulai dari jenjang SMA/SMK Kelas X sampai dengan Kelas XII.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dimaksud di atas mulai dari Kelas X sampai dengan Kelas XII sebagaimana terdapat dalam tabel-tabel berikut ini.

Kelas X

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar



1.  Menghayati dan
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa
mengamalkan

kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
ajaran agama yang

(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah
dianutnya.

perintah agama.

1.2
Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah


dilarang agama.

1.3
Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Meng­


amankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna


Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan


Maha Akhir.

1.4
Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.

1.5
Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam.

1.6
Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama.

1.7
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah


dan Rasul-Nya.

1.8
Meyakini al-Qur’ān, Hadis dan ijtihad sebagai sumber


hukum Islam.

1.9
Meyakini bahwa haji, zakat, dan wakaf adalah


perintah Allah Swt. dapat memberi kemaslahatan


bagi individu dan masyarakat.

1.10
Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw.


di Mekah.

1.11
Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di


Madinah.



2.  Menghayati dan
2.1
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-
meng amalkan

nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
perilaku jujur,

(ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al-
disiplin, tanggung ja-

Hujurāt/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.
wab, peduli (gotong
2.2
Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
royong, kerja sama,

perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S. al-Isrā’/17:
toleran, damai),

32, dan Q.S. an-Nūr /24: 2, serta hadis terkait.
santun, responsif
2.3
Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian,
dan proaktif dan

pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai
menunjukkan sikap

implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna:Al-
sebagai bagian dari

Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl,
solusi atas berbagai

dan Al-Akhir.
permasalahan dalam
2.4
Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung
berinteraksi secara

jawab, sebagai implementasi beriman kepada
efektif dengan

malaikat-malaikat Allah Swt.
lingkungan sosial
2.5
Menunjukkan perilaku berpakaian sesuai dengan
dan alam serta dalam

syariat Islam.
menempatkan diri
2.6
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-
sebagai cerminan

hari.
bangsa dalam
2.7
Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai
pergaulan dunia.

implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan


Hadis terkait.

2.8
Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat beribadah


sebagai implemantasi pemahaman terhadap


kedudukan al-Qur’ān, Hadis, dan ijtihad sebagai


sumber hukum Islam.

2.9
Menunjukkan kepedulian sosial sebagai hikmah dari


perintah haji, zakat, dan wakaf.

2.10
Bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan


kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi


dakwah Nabi di Mekah.

2.11
Menunjukkan sikap semangat ukhuwah dan


kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi


dakwah Nabi di Madinah.





3.  Memahami,
3.1
Menganalisis Q.S. al-Hujurāt/49: 10dan 12 serta Hadis
menerapkan,

tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
menganalisis

baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
pengetahuan
3.2
Menganalisis Q.S. al-Isrā’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24 :
faktual, konseptual,

2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan
prosedural

perbuatan zina.
berdasarkan rasa
3.3
Menganalisis makna al-Asmā’u al-Husnā: al-Karīm,
ingin tahunya

al-Mu’mīn, al-Wakīl, al-Matīn, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-
tentang ilmu


Akhīr.
pengetahuan,

3.4
Menganalisis makna beriman kepada malaikat-
teknologi, seni,

malaikat Allah Swt.
budaya, dan

3.5
Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat
humaniora
dengan wawasan

Islam.
kemanusiaan,
3.6
Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan
kebangsaan,

sehari-hari.
kenegaraan, dan
3.7
Menganalisis semangat keilmuan.
peradaban terkait
3.8
Menganalisis kedudukan al-Qur’ān, Hadis, dan ijtihad
penyebab fenomena

sebagai sumber hukum Islam.
dan kejadian, serta

3.9
Menganalisis hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf
menerapkan pada
bidang kajian yang

bagi individu dan masyarakat.
spesifik sesuai
3.10
Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab
dengan bakat dan

keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di
minatnya untuk

Makkah.
memecahkan
3.11
Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan
masalah.

dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah.









4.  Mengolah, menalar,
4.1.1
Membaca Q.S. al-Hujurāt/49: 10 dan 12, sesuai
dan menyaji dalam

dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
ranah konkret
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10
dan ranah abstrak

dan 12 dengan fasih dan lancar.
terkait dengan pe-
4.1.3
Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan
ngembangan dari

dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
yang dipelajarinya

baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
di sekolah secara

sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
mandiri, dan mampu

serta Hadis terkait.
menggunakan
4.2.1
Membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24:2
metode sesuai

sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
kaidah keilmuan.
4.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan


Q.S. an-Nur/24:2 dengan fasihdan lancar.

4.2.3
Menyajikan keterkaitan antara larangan berzina


dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang


ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a


sabila) sesuai pesanQ.S. al-Isra’/17: 32dan Q.S. an-


Nur/24:2.

4.3
Menyajikan hubungan makna-makna al-Asma’u al-


Husna:al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,


al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi,


kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku


adil.

4.4
Menyajikan hubungan antara beriman kepada


malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku teliti,


disiplin, dan waspada.

4.5
Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai


syariat Islam.

4.6
Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur


dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan.

4.7
Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu,


dengan kewajiban membela agama sesuai perintah


Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis terkait.

4.8
Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum


Islam.

4.9
Menyimulasikan ibadah haji, zakat, dan wakaf.

4.10
Menyajikan keterkaitan antara substansi dan


strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi


Muhammad saw. di Makkah.

4.11
Menyajikan keterkaitan antara substansi dan


strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi


Muhammad saw. di Madinah.






Pemetaan Kompetensi Inti dan

Kompetensi Dasar

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, pada Buku Guru ini terpetakan sebagaimana terdapat dalam tabel-tabel berikut:

Kelas X

No
Bab
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar




1.
Bab I
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.3, 2.3, 3.3, 4.3




2.
Bab II
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.5, 2.5, 3.5, 4.5




3.
Bab III
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.6, 2.6, 3.6, 4.6




4.
Bab IV
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.8, 2.8, 3.8, 4.8




5.
Bab V
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.10, 2.10, 3.10, 4.10




6.
Bab VI
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.1, 2.1, 3.1, 4.1.1, 4.1.2, 4.1.3




7.
Bab VII
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.4, 2.4, 3.4, 4.4




8.
Bab VIII
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.9, 2.9, 3.9, 4.9




9.
Bab IX
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.11, 2.11, 3.11, 4.11




10.
Bab X
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.7, 2.7, 3.7, 4.7




11.
Bab XI
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
1.2, 2.2, 3.2, 4.2.1, 4.2.2, 4.2.3






Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close