A.
Kompetensi Inti
Isi
Kurikulum 2013 dikembangkan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi
Dasar (KD). Kompetensi Inti dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
dan merupakan kualitas minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas untuk
setiap mata pelajaran. Kompetensi Inti terdiri atas jenjang kompetensi minimal
yang harus dikuasai peserta didik di kelas tertentu, isi umum materi
pembelajaran, dan ruang lingkup penerapan kompetensi yang dipelajari.
Jenjang
kompetensi dalam KI meningkat untuk kelas-kelas berikut-nya, KI tidak memuat
konten khusus mata pelajaran tetapi konten umum, yaitu fakta, konsep, prosedur,
metakognitif dan kemampuan menerapkan pengetahuan yang terkandung dalam setiap
mata pelajaran. Perluasan penerapan kompetensi yang dipelajari dinyatakan dalam
KI, dimulai dari lingkungan terdekat sampai ke lingkungan global. Dalam desain
Kurikulum 2013, KI berfungsi sebagai pengikat bagi KD. Dalam fungsi sebagai
pengikat, setiap KD yang dikembangkan untuk setiap mata pelajaran di setiap
kelas harus mengacu kepada KI.
Kompetensi
Inti terdiri atas empat dimensi yang satu sama lain saling terkait, yaitu sikap
spiritual (KI 1), sikap sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan keterampilan (KI
4). Keempat dimensi tersebut tercantum dalam pengembangan KD, silabus, dan RPP.
Dalam proses pembelajaran, KI 1 dan KI 2 dikembangkan dalam proses pendidikan
di setiap kegiatan di sekolah (kelas dan luar sekolah) dengan pendekatan
pembelajaran tidak langsung. KI 3 dan KI 4 dikembangkan oleh setiap mata
pelajaran dalam pendekatan pembelajaran langsung.
Kompetensi
Inti (KI 3) menitikberatkan pada pengembangan pengeta-huan (faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif) dalam jenjang kemampuan kognitif dari
mengingat sampai mencipta. KI 4 merupakan peren-canaan kegiatan belajar untuk
menerapkan apa yang dipelajari di KI 3 dalam suatu proses pembelajaran yang
terintegrasi ataupun terpisah.
Terintegrasi mengandung arti bahwa proses
pembelajaran KI 3 dan KI 4 dilakukan pada waktu bersamaan baik di kelas,
laboratorium PAI, maupun di luar sekolah. Terpisah mengandung makna bahwa
pembelajaran mengenai KI 3 terpisah dalam waktu dan/atau tempat dengan KI 4.
Keputusan mengenai pembelajaran terintegrasi atau terpisah ditentukan
sepenuhnya dalam silabus dan RPP, berdasarkan pertimbangan mengenai konten KD
untuk KI 3 dan KD untuk KI 4.
Kompetensi Inti 1 (KI 1) berkaitan dengan sikap
spiritual. KI 2 berkaitan dengan sikap sosial. KI 3 berkaitan dengan
pengetahuan, dan KI 4 berkaitan dengan keterampilan. Setiap KI dijabarkan lebih
lanjut dalam bentuk Kompe-tensi Dasar (KD). Kompetensi Dasar (KD) dari setiap
KI menjadi rujukan guru dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP). RPP meru-pakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu
pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan
pembela-jaran peserta didik dalam upaya mencapai KD.
Lingkup
kompetensi minimal pada jenjang SMA/SMK Kelas X sampai XII meliputi lingkungan
keluarga, teman, guru, dan tetangga. Kompetensi minimal tersebut dapat
dikembangkan lebih lanjut oleh satuan pendidikan yang telah memenuhi standar
nasional pendidikan.
B.
Kompetensi Dasar
Kompetensi
Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai KI yang harus diperoleh peserta
didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran dikembangkan
dengan merujuk kepada KI dan setiap KI memiliki KD yang sesuai. Dengan perkataan
lain, KI 1 memiliki KD yang berkaitan dengan sikap spiritual, KI 2 memiliki KD
yang berkaitan dengan sikap sosial, KI 3 memiliki KD yang berkaitan dengan
pengetahuan, dan KI 4 memiliki KD yang berkaitan dengan keterampilan.
KI
1, KI 2, dan KI 4 dikembangkan melalui proses pembelajaran setiap materi pokok
yang tercantum dalam KI 3, KI 1, dan KI 2 tidak diajarkan langsung, tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan
pembelajaran.
Setiap Kompetensi berimplikasi terhadap tuntutan
proses pembelajaran dan penilaian. Hal ini bermakna bahwa pembelajaran dan
penilaian pada tingkat yang sama memiliki karakteristik yang relatif sama dan
memungkinkan terjadinya akselerasi belajar dalam 1 (satu) tingkat kompetensi.
Selain itu, untuk tingkat kompetensi yang berbeda menuntut pembelajaran dan
penilaian dengan fokus dan penekanan yang berbeda pula. Semakin tinggi tingkat
kompetensi, semakin kompleks intensitas pengalaman belajar peserta didik dan
proses pembelajaran serta penilaian KI dan KD yang dimaksud di atas mulai dari
jenjang SMA/SMK Kelas X sampai dengan Kelas XII.
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar yang dimaksud di atas mulai dari Kelas X sampai
dengan Kelas XII sebagaimana terdapat dalam tabel-tabel berikut ini.
Kelas
X
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
1. Menghayati dan
|
1.1
|
Terbiasa membaca al-Qur’ān
dengan meyakini bahwa
|
|
mengamalkan
|
kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik
|
||
ajaran
agama yang
|
(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah
|
||
dianutnya.
|
perintah
agama.
|
||
1.2
|
Meyakini
bahwa pergaulan bebas dan zina adalah
|
||
dilarang
agama.
|
|||
1.3
|
Meyakini
bahwa Allah Maha Mulia, Maha Meng
|
||
amankan,
Maha Memelihara, Maha Sempurna
|
|||
Kekuatan-Nya,
Maha Penghimpun, Maha Adil, dan
|
|||
Maha
Akhir.
|
|||
1.4
|
Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.
|
||
1.5
|
Terbiasa
berpakaian sesuai dengan syariat Islam.
|
||
1.6
|
Meyakini
bahwa jujur adalah ajaran pokok agama.
|
||
1.7
|
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah
|
||
dan
Rasul-Nya.
|
|||
1.8
|
Meyakini al-Qur’ān,
Hadis dan ijtihad sebagai sumber
|
||
hukum
Islam.
|
|||
1.9
|
Meyakini
bahwa haji, zakat, dan wakaf adalah
|
||
perintah
Allah Swt. dapat memberi kemaslahatan
|
|||
bagi
individu dan masyarakat.
|
|||
1.10
|
Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw.
|
||
di
Mekah.
|
|||
1.11
|
Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di
|
||
Madinah.
|
|||
2.1
|
Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-
|
||
meng
amalkan
|
nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan
|
||
perilaku
jujur,
|
(ukhuwah) sebagai implementasi perintah
Q.S. al-
|
||
disiplin,
tanggung ja-
|
Hujurāt/49: 10 dan 12 serta
Hadis terkait.
|
||
wab,
peduli (gotong
|
2.2
|
Menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan
|
|
royong,
kerja sama,
|
perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S. al-Isrā’/17:
|
||
toleran,
damai),
|
32,
dan Q.S. an-Nūr /24: 2, serta hadis
terkait.
|
||
santun,
responsif
|
2.3
|
Memiliki
sikap keluhuran budi; kokoh pendirian,
|
|
dan
proaktif dan
|
pemberi
rasa aman, tawakal dan adil sebagai
|
||
menunjukkan
sikap
|
implementasi
pemahaman al-Asmau al-Husna:Al-
|
||
sebagai
bagian dari
|
Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil,
Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl,
|
||
solusi
atas berbagai
|
dan Al-Akhir.
|
||
permasalahan dalam
|
2.4
|
Menunjukkan
sikap disiplin, jujur dan bertanggung
|
|
berinteraksi
secara
|
jawab,
sebagai implementasi beriman kepada
|
||
efektif
dengan
|
malaikat-malaikat
Allah Swt.
|
||
lingkungan
sosial
|
2.5
|
Menunjukkan
perilaku berpakaian sesuai dengan
|
|
dan alam serta dalam
|
syariat
Islam.
|
||
menempatkan
diri
|
2.6
|
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-
|
|
sebagai
cerminan
|
hari.
|
||
bangsa
dalam
|
2.7
|
Memiliki
sikap semangat keilmuan sebagai
|
|
pergaulan
dunia.
|
implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan
|
||
Hadis
terkait.
|
|||
2.8
|
Menunjukkan
perilaku ikhlas dan taat beribadah
|
||
sebagai
implemantasi pemahaman terhadap
|
|||
kedudukan
al-Qur’ān, Hadis, dan ijtihad
sebagai
|
|||
sumber
hukum Islam.
|
|||
2.9
|
Menunjukkan kepedulian sosial sebagai hikmah dari
|
||
perintah
haji, zakat, dan wakaf.
|
|||
2.10
|
Bersikap
tangguh dan rela berkorban menegakkan
|
||
kebenaran
sebagai ’ibrah dari sejarah
strategi
|
|||
dakwah
Nabi di Mekah.
|
|||
2.11
|
Menunjukkan
sikap semangat ukhuwah dan
|
||
kerukunan
sebagai ibrah dari sejarah strategi
|
|||
dakwah
Nabi di Madinah.
|
|||
Pemetaan Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
(KI) dan Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan yang harus dikembangkan
dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, pada
Buku Guru ini terpetakan sebagaimana terdapat dalam tabel-tabel berikut:
Kelas X
No
|
Bab
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
|
Bab I
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.3, 2.3, 3.3, 4.3
|
2.
|
Bab II
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.5, 2.5, 3.5, 4.5
|
3.
|
Bab III
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.6, 2.6, 3.6, 4.6
|
4.
|
Bab IV
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.8, 2.8, 3.8, 4.8
|
5.
|
Bab V
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.10, 2.10, 3.10, 4.10
|
6.
|
Bab VI
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.1, 2.1, 3.1, 4.1.1,
4.1.2, 4.1.3
|
7.
|
Bab VII
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.4, 2.4, 3.4, 4.4
|
8.
|
Bab VIII
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.9, 2.9, 3.9, 4.9
|
9.
|
Bab IX
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.11, 2.11, 3.11, 4.11
|
10.
|
Bab X
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.7, 2.7, 3.7, 4.7
|
11.
|
Bab XI
|
KI-1, KI-2, KI-3, KI-4
|
1.2, 2.2, 3.2, 4.2.1,
4.2.2, 4.2.3
|
Share :
0 comments:
Post a Comment