Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Fitur - Fitur dalam Software 3d Animasi Blender

Sebagai prasyarat mempelajari aplikasi Blender, harus diketahui berbagai fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Blender. Pada pembahasan ini, digunakan Blender versi 2.78c, yang merupakan salah satu versi stabil dari versi sebelumnya. Buka aplikasi blender, maka akan tampil splash screen, yang menunjukkan versi aplikasi. Klik pada sembarang tempat halaman awal pada Blender tampil seperti berikut.

Sumber: Dokumen Kemendikbud
Gambar 2.11 Tampilan Blender v 2.78c.

Keterangan:

No.
Nama
Keterangan
1
Header
Menu utama Blender yang terdiri atas File, Render, Window, dan Help.
2
Viewport
Tampilan yang terdiri atas objek 3D atas objek lainnya.
3
Toolbar
Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
4
Outliner
Struktur data dari objek pada Blender.
5
Properties
Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang
aktif.
6
Timeline
Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

Screen Layouts
Ketika Blender dibuka, akan tampil halaman utama seperti pada gambar di atas. Tampilan tersebut dapat diganti sesuai kebutuhan, misalnya kebutuhan untuk merancang simulasi visual, dapat memilih layout animation yang merupakan tampilan untuk mengerjakan animasi dan lain-lain. Tools ini berada pada Header, di sebelah kiri atas layar pada tampilan Blender.

Splitting Windows
Splitting windows atau pembagi tampilan lembar kerja pada Blender sering digunakan pada pembuatan simulasi visual 3D. Misalnya dalam pemodelan 3D yang membutuhkan lebih dari berbagai sudut pandang seperti sudut pandang tampak depan dan samping. Splitting windows akan membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama, dan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical. Berikut cara melakukan splitting windows.
Arahkan kursor ke pojok kanan atas Viewport, maka kursor akan berubah menjadi (+) tanda plus. Klik mouse, tahan dan geser ke arah kiri.

Catatan:
Untuk melakukan splitting windows secara vertical, sama seperti splitting windows secara horizontal, namun pada hasil splitting windows secara vertical akan mendapatkan 2 windows atas dan bawah.

Changing the Editor Type
Ada beberapa jenis editor yang secara default tidak ditampilkan oleh Blender. Namun dapat diganti sesuai dengan jenis kebutuhan. Memilih editor dapat dilakukan dengan klik 3D view yang berada di Timeline, pada pojok kiri bawah tampilan utama.
Editor type                           Fungsi dan keterangan
Phyton Console                 Menampilkan Phyton Interactive Console.
File Browser                       Melakukan pencarian file (buka, simpan).
User Preferences              Melakukan pengaturan Blender.
Outliner                                Melihat list data pada scene Blender.
Properteis                            Properti yang terdapat pada setiap objek dan data.
Logic Editor                        Menampilkan mode game dan simulasi.
Node Editor                         Menampilkan mode titik.
Text Editor                          Menampilkan mode teks yang sekaligus script.
Movie Clip Editor               Menampilkan mode editor film.
Video Sequence Editor    Menampilkan mode editor video (video + suara).
UV/ Image Editor                Menampilkan UV edit dan image painting.
NLA Editor                           Mode Non Linear Animation.
Dope Editor                         Menampilkan mode edit keyframe.
Graph Editor                       Menampilkan kurva dan driver animasi.
Timeline                               Menampilkan fungsi play animasi.

Shortcut of Numpad
Apabila menggunakan laptop, disarankan untuk mengaktifkan fitur Emulate Numpad. Fitur ini berfungsi untuk menggantikan fungsi tombol numpad sebagai pengganti tombol angka pada keyboard. Mengaktifkannya dapat dilakukan sebagai berikut.
·         Klik File, kemudian pilih User Preferences.
·         Pilih tab Input, kemudian klik Emulate Numpad hingga menjadi tercentang.
·         Klik tombol Save User Setting.

Selanjutnya dapat menggunakan fungsi angka-angka pada numpad sebagai shortcut, yaitu sebagai berikut.

[0]     Camera perspektif.
[1]     Tampak depan.
[2]     Putar bawah 15 derajat.
[3]     Tampak kanan.
[4]     Putar kiri 15 derajat.
[5]     Orthographic atau perspektif.
[6]     Putar kanan 15 derajat.
[7]     Tampak atas.
[8]     Putar atas 15 derajat. [-] Zoom out.
[+] Zoom in.
[CTRL] [2] Menggeser view objek ke atas.
[CTRL] [8] Menggeser view objek ke bawah.
[CTRL] [4] Menggeser objek ke samping kanan.
[CTRL] [6] Menggeser objek ke samping kiri.

Snap 3D Cursor
Pada dasarnya 3D Cursor digunakan untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan. Cara melakukan snap 3D cursor adalah dengan menekan SHIFT+S.

Selain itu, Snap juga bisa digunakan saat mentransformasi objek dengan cara menekan CTRL sambil merubah objek, sehingga objek akan bertranformasi dengan skala tertentu.

Adding Object
Adding Object merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan tombol SHIFT + A.

Dalam menambah objek pada Blender akan menemukan dua jenis mode, yaitu Object Mode dan Edit Mode. Kedua mode tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Edit Mode digunakan untuk melakukan pengeditan pada objek dengan memilih titik tertentu.
Sedangkan Object Mode digunakan untuk pengeditan objek secara
keseluruhan. Untuk memilih modus Object Mode atau Edit mode, dapat menekan tombol Tab pada keyboard. Tampilan kedua mode tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Sumber: Dokumen Kemendikbud
Gambar 2.12 Tampilan Object Mode dan Edit Mode.


Transformation
Transformation adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek. Dasar transformasi dalam Blender dijelaskan dalam tabel berikut.
Grab/Move
menggeser objek dengan menekan tombol [G].
Rotate
memutar objek dengan menekan tombol [R].
Scale
menskala (besar atau kecil) objek dengan menekan tombol [S].
Untuk mentransformasikan objek berdasarkan sumbu (x,y,z), dapat mengkombinasikan gerakan Grab/Move dengan tombol X, Y, atau Z pada keyboard.
[G]+[X]
objek akan bergeser pada sumbu X.
[G]+[Y]
objek akan bergeser pada sumbu Y.
[G]+[Z]
objek akan bergeser pada sumbu Z.
[G]+[Shift ]+[X]
objek akan bergeser pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah
dikunci agar tidak berubah


Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close