Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Pelaksanaan UNBK Terakhir, Mari kita sukseskan...!!


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2019/2020 adalah Ujian Nasional tahun terakhir. Meskipun belum ada payung hukum resminya, setidaknya begitu yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Makarim. Sebagai gantinya di tahun - tahun berikutnya akan diadakan Assesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter.
"Dua hal ini yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimum yang akan dimulai tahun 2021. Jadi bukan berdasarkan mata pelajaran dan penguasaan materi," tutur Mendikbud Nadiem Makarim dalam Rapat Koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia di Jakarta, Rabu (11/12/2019).
Menurut Mendikbud ada 3 alasan yang kemudian mengambil keputusan untuk menghapus Ujian Nasional tersebut. 3 alasan tersebut adalah
1.      UN lebih banyak berisi butir-butir yang mengukur kompetensi berpikir tingkat rendah. Hal ini tidak sejalan dengan tujuan pendidikan yang ingin mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi serta kompetensi lain yang lebih relevan dengan Abad 21, sebagaimana tercermin pada Kurikulum 2013.
2.      UN kurang mendorong guru menggunakan metode pengajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Asesmen kompetensi pengganti UN akan dirancang memberi dorongan lebih kuat ke arah pengajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan hafalan.
3.      UN kurang optimal sebagai alat untuk memperbaiki mutu pendidikan secara nasional. Karena dilangsungkan di akhir jenjang, hasil UN tidak bisa digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa dan memberi bantuan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.
Namun bukan berarti karena tahun ini adalah pelaksanaan terakhir Ujian Nasional, kemudian bisa dilaksanakan seenaknya atau yang penting gugur kewajiban. SMK PGRI 5 Jember sebagai salah satu sekolah penyelenggara mandiri UNBK tahun 2020 mempersiapkan semaksimal mungkin pelaksanaan UNBK tahun ini. Persiapan yang dimaksud dimulai dari persiapan sarana prasarana, persiapan personil sampai dengan persiapan segala pendukungnya.
Dari segi sarana prasarana, SMK PGRI 5 Jember sudah menyiapkan sekurang-kurangnya 200 unit komputer clien serta 7 komputer server. Hal ini dibagi menjadi 5 lab / ruang ujian yang masing – masing ruang / lab terdiri dari 40 unit komputer client dan 1 unit server. Selain itu, juga dipersiapkan mesin genset sebagai persiapan seandainya terjadi hal – hal yang berhubungan dengan jaringan PLN.
Dari segi personil, SMK PGRI 5 Jember sudah mempersiapkan panitia lokal, proktor, operator dan pengawas yang bertugas selama pelaksanaan UNBK tahun 2020. Sebagai salah satu persyaratan persiapan personil, seluruh panitia, proktor, operator, dan pengawas mengikuti pengambilan sumpah dan pelantikan yang dilaksanakan di Sub Rayon 33.07 SMK Negeri 7 Jember di Sumberbaru – Jember.
Acara pelantikan dan pengambilan sumpah personil UNBK 2020 ini yang dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2020 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Ketua Sub Rayon 33.07, Ibu Dwi Anggraeni, S.Pd, M.Pd.  Yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan serta pengambilan sumpah yang dipimpin langsung oleh Ketua Sub Rayon.
Dalam sambutannya, ketua Sub Rayon 33.07. menegaskan bahwa meskipun tahun ini adalah pelaksanaan yang terakhir UNBK, tapi sebagai panitia, proktor, operator, pengawas dan pemangku kepentingan tetap harus semangat bekerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan UNBK tahun 2020 ini.
“SMK PGRI 5 Jember siap mensukseskan pelaksanaan UNBK tahun 2020. Tentu saja dengan kerjasama antara seluruh personil UNBK Panitia, Proktor, Operator dan Pengawas terutama yang berasal dari SMK PGRI 5 Jember” Tutur Bapak Saiful Anwar, S.Pd Kepala SMK PGRI 5 Jember, 12 Maret 2020.
Sukses yang dimaksud oleh Kepala SMK PGRi 5 Jember tersebut adalah SUKES PELAKSANAAN DAN SUKSES PRESTASI.

Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close