Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Latihan Soal Praktek Excel : Fungsi TIME

Di Microsoft Excel dalam menuliskan waktu biasanya kita gunakan fungsi TIME. Ada banyak Rumus dan Fungsi yang berkaitan dengan fungsi TIME ini. Namun pada bahasan kali ini kita tidak membahas keseluruhan rumus dan fungsi TIME tersebut, tapi kita lebih langsung mengerjakan contoh soal praktek yang berhubungan dengan rumus dan fungsi TIME tersebut.
Perhatikan contoh soal berikut ini
Pada contoh soal diatas kita diminta untuk mencari dan melengkapi data pada tabel tersebut. Kita diminta untuk memasukkan Waktu Kerja, Jam Normal dan Jam Lembur.
Mari kita bahas satu per satu untuk memperjelas penggunaan rumus dan fungsi TIME yang kita maksud.

  1. Pada kolom TANGGAL, dalam penulisan format tanggal kita gunakan fungsi DATE. contoh pada baris pertama tabel tersebut cara penulisannya =DATE(2018;07;20artinya kita menuliskan tanggal 20 bulan 07 tahun 2018.
  2. Pada kolom JAM MASUK dan JAM PULANG, untuk menuliskan waktu dan jam maka kita gunakan fungsi TIME. Ambil contoh saja pada baris pertama pada kolom JAM MASUK, maka penulisannya =TIME(08;15;00)  artinya kita menuliskan jam 08 menit ke 15 detik ke 00
  3. Yang perlu diperhatikan untuk mengisi WAKTU KERJA; JAM NORMAL (8 Jam) dan JAM LEMBUR, kita tulis dalam bentuk angka biasa bukan dalam bentuk jam
  4. Untuk kolom WAKTU KERJA dicari dengan mengurangi JAM PULANG dengan JAM MASUK. Karena yang kita isikan adalah angka norma, maka kita harus mengalikan hasil pengurangan tersebut dgn jumlah jam dalam sehari semalam yaitu 24. Sehingga rumus yang ditulis adalah =(E6-D6)*24Maksud dari penulisan rumus tersebut adalah mengurangi yang ada di cell E6 dengan data yang ada di cell D6 kemudian dikalikan dengan 24 jam. 
  5. Untuk kolom JAM NORMAL tinggal ketik langsung jumlah jam kerja normal. dalam hal ini kita ambil contoh saja jam normalnya adalah 8 jam. Maka kita ketik langsung angka 8 saja.
  6. Terakhir, kolom JAM LEMBUR, adalah dengan mengurangi secara langsung kolom WAKTU KERJA dengan kolom JAM NORMAL, sehingga rumus yang ditulis adalah =F6-G6.

Nah... itulah rumus dan fungsi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tabel diatas. silahkan dicoba dan jangan lupa untuk memberi comment pada setiap post yang ada di blog ini ya... Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close