Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Pendidikan Karakter kebutuhan Bersama


Pendidikan karakter akhir – akhir ini sangat dibutuhkan oleh seluruh kalangan terutama peserta didik dalam membentuk pribadi yang baik, bijaksana, jujur bertanggung jawab serta dapat menghormati hak – hak orang lain. Karakter merupakan sifat dan watak seseorang yang yang berkaitan erat dengan akhlak dan kepribadian yang membedakan antara individu dengan individu lainnya. Karakter bukannya tidak bisa diubah, dengan latihan dan tempaan yang dilakukan secara kontinu, berkesinambungan serta terus menerus dapat mengubah karakter seseorang.
Ada 5 (lima) karakteristik yang harus ditanamkan dan dimiliki oleh peserta didik, yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Nilai – nilai ini ditanamkan dan dipraktikkan melalui sistem pendidikan nasional agar diketahui, dipahami dan diterapkan di seluruh sendi kehidupan di sekolah dan masyarakat. Pembentukan karakter peserta didik tergantung pada aspek penekannya diantaranya yang umum dikenal dengan pendidikan moral, pendidikan nilai, pendidikan religius, pendidikan budi pekerti dan pendidikan karakter.
Pendidikan karakter sangat penting sekali karena pembentukan karakter akan sangat menentukan kelanjuta seseorang dalam menjalani hidupnya. Ada 2 karakteristik setiap manusia yaitu karakter positif dan karakter negatif. Penanaman karakter positif akan sangat diperlukan dan harus dimulai sejak dini. Hal ini dilakukan supaya menjadi modal anak itu untuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang. Peserta didik harus mempunyai karakter yang kuta, berani dan tidak mudah menyerah.
Di SMK PGRI 5 Jember, pendidikan karakter dilaksanakan pada setiap kegiatan yang dilakukan. Kegiatan yang berhubungan dengan akademik maupun yang berhubungan dengan non akademik. Yang behubungan dengan akademik, pendidikan karakter ditanamkan dengan menginkludkannya pada silabus dengan meenerapkan dalam Rencana Program Pembelajaran (RPP) serta Rencana Pelayanan Bimbingan dan Konseling (RPBK). Sehingga setiap aspek yang ada di SMK PGRI 5 Jember menjunjung penerapan dan pelatihan pendidikan karakter pada setiap siswanya.
Di bidang non akademik, pendidikan karakter diterapkan dalam semua kegiatan yang dilakukan. Dari kegiatan kesenian, keagamaan maupun organisasi kesiswaan lainnya. Sebagai contoh penerapan pendidikan karakter dalam berbagai bidang diantaranya, Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah, Sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah, Doa bersama setiap pagi sebelum dimulainya pelajaran, Menyanyikan lagu Indonesia Raya setelah doa bersama, Penerapan tata tertib di sekolah, dll.
Penerapan pendidikan karakter di SMK PGRI 5 Jember ini bertujuan untuk mencetak tenaga – tenaga yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri yang kompeten, cerdas, mandiri, bertanggung jawab, dan berdasarkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Share :

1 comments:

  1. As reported by Stanford Medical, It's indeed the ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh 42 lbs lighter than us.

    (By the way, it really has NOTHING to do with genetics or some secret diet and really, EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "what"...

    Click this link to reveal if this easy questionnaire can help you find out your real weight loss possibility

    ReplyDelete

loading...

Advertising

 
close