Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

UNBK SMK Tahun 2020


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri. Pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK. Jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tahun 2017 melonjak tajam menjadi 30.577 sekolah yang terdiri dari 11.096 SMP/MTs, 9.652 SMA/MA dan 9.829 SMK. Meningkatnya jumlah sekolah UNBK pada tahun 2017 ini seiring dengan kebijakan resources sharing yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yaitu memperkenankan sekolah yang sarana komputernya masih terbatas melaksanakan UNBK di sekolah lain yang sarana komputernya sudah memadai.


Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

SMK PGRI 5 Jember sebagai salah satu penyelanggara UNBK sejak 2016, pada tahun ini kembali siap menyonsong pelaksanaan UNBK tahun 2020. Sebagai persiapan SMK PGRI 5 Jember menyiapkan 5 (lima) ruang lab yang akan dijadikan ruang ujian dengan masing – masing lab terdapat 40 (empat puluh) komputer client dan 1 server serta 2 server cadangan sebagai persiapan semisal saat pelaksanaan terdapat gangguan atau masalah pada server masing – masing lab. Jumlah peserta UNBK SMK PGRI 5 Jember tahun ini berjumlah 553 peserta yang dibagi menjadi 3 (tiga) sesi ujian. Masing – masing sesi diikuti 37 (tiga puluh tujuh) peserta pada setiap ruang ujiannya.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian supaya berjalan lancar dan tanpa kendala, semua aspek dan tenaga dipersiapkan dengan maksimal. Seluruh komputer baik komputer client maupun komputer server di cek dan diperiksa secara berkala. Jaringan internet dan jaringan LAN juga tidak luput dari pemeriksaan dan perawatan. Yang tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan mesin Genset sebagai persiapan. Hal ini dikhawatirkan ada saat pelaksanaan ada gangguan dengan jaringan PLN, sehingga tidak mengganggu peserta dalam mengerjakan ujian.


Share :

1 comments:

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160000 men and women are utilizing a easy and secret "water hack" to burn 2lbs each night while they sleep.

    It is effective and works with anybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Hold a drinking glass and fill it up with water half full

    2) And now use this amazing HACK

    so you'll be 2lbs lighter the next day!

    ReplyDelete

loading...

Advertising

 
close