Bila anda bicara rumus excel maka yang ada anda harus
mengerti fungsi dan kegunaan banyak rumus yang ada pada microsoft excel, salah
satunya ialah rumus excel VLookup yang merupakan rumus excel yang sering
digunakan dalam mengerjakan tugas kantor, pengerjaan laporan administrasi,
ataupun kegiatan lain yang melibatkan penggunaan microsoft excel dalam
pengerjaannya. Jadi jika anda ingin menjadi pegawai kantoran/bagian
administrasi maka salah satu hal yang harus anda kuasai ialah penggunaan
microsoft office (terutama ms word dan ms excel) karena memang aplikasi ms office ini memang
paling populer untuk saat ini.
Dengan microsoft excel sendiri banyak hal yang bisa kita
lakukan dengan aplikasi yang satu ini, karena memang fitur dan rumus yang tersedia
di excel sangat bervariasi dan lengkap ketimbang program aplikasi sejenis
office lainnya. Rumus excel VLookup juga sering digunakan dalam
kegiatan pendataan menggunakan microsoft excel.
Fungsi Rumus Excel VLookup dan Contoh Penggunaan VLookup di Ms Excel
Pada dasarnya kegunaan / fungsi utama rumus VLookup dalam
microsoft excel ialah membaca dan menampilkan tabel yang dihubungkan untuk
mendefinisikan suatu keadaan tertentu yang penyajiannya data tersebut
pembacaanya secara vertikal (atas ke bawah) dimana penyajiannya di urutkan dari
nilai yang kecil ke besar (A-Z)/Ascending.
Bentuk Penulisan Rumus Vlookup di Ms. Excel
Yang kurang lebih artinya seperti ini =VLOOKUP(nilai yang
dibaca,tabel pembacaan, nomor index kolom)
Penjelasan dari format rumus VLookup diatas kurang lebih
seperti ini :
lookup_value >> Nilai yang dibaca adalah nilai
sebagai dasar pembacaan tabel
tabel array >> tabel pembacaaan adalah range data
yang disusun secara vertikal dan horizontal yang berfungsi sebagai tabel yang
akan dibaca
col_index_num >> nomor indeks kolom adalah nomor
urut yang menunjukkan posisi kolom dalam suatu tabel
row_index_num >> nomor indeks baris atau kolom
adalah nomor urut yang menyatakan posisi baris dan kolom suatu tabel.
[range_lookup] >> merupakan eksekusi dari
perintah jika benar maka datanya sesuai, jika tidak maka False (tidak
ada)
Mungkin untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh
penggunaan rumus VLookup di Ms excel
Dari gambar diatas bisa di simpulkan ;
untuk mengisi kolom HURUF (cell E3) maka
menggunakan rumus =VLOOKUP(D3;$C$7:$E$13;2;0) serta
pada bagian KETERANGAN
(cell F3) menggunakan rumus =VLOOKUP(D3;$C$7:$E$13;3;0)
Pada TABLE_ARRAY jangan lupa untuk menekan tombol F4 pada keyboard yang berfungsi untuk mengabsolutkan pembacaan tabel, sehingga meskipun di copy paste rumus tersebut, table yang dibaca tetap dan tidak akan berpindah
Dari contoh soal VLookup diatas yang perlu anda pahami dan
cermati ialah peletakan dan cara membaca tabel yang benar, sehingga anda tidak
salah memanggil nilai yang dimaksud dalam suatu tabel excel.
Share :
0 comments:
Post a Comment