Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Pengertian dan Manfaat Kelas Maya

Salah satu penerapan pembelajaran online adalah kelas maya. Kelas maya adalah penerapan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (online). Proses pembelajaran dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, peserta didik dapat mengikuti kelas dan menerima materi yang disediakan guru di internet. Guru dan peserta didik tidak bertatap muka langsung tetapi dapat berkomunikasi melalui chat atau video conference. Kelas Maya adalah sebuah kelas yang diadakan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara guru dan yang menerima bahan ajar. Jadi, kelas maya berhubungan langsung dengan internet. Dimana guru menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi sama seperti kegiatan belajar mengajar dikelas.

Kelas Maya merupakan proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (online) terhubung dengan internet, guru dengan yang menerima bahan ajar menggunakan media internet untuk materi bahasannya dan dapat berkomunikasi juga secara online. Apakah Anda sudah pernah mengikuti pembelajaran daring menggunakan kelas maya? Kelas Maya adalah lingkungan belajar yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dengan siswa. Dimana pengajar menyediakan bahan ajar dalam konten digital yang bisa diakses, disimpan, dan dibagikan melalui internet yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Perbedaan mendasar antara kelas maya dengan kelas biasa adalah kemampuan kelas maya untuk dijangkau kapan pun dan darimanapun. Melalui kelas maya, seorang siswa dapat berinteraksi tidak hanya dengan pengajar, namun juga dengan murid lain yang ada di seluruh dunia. Selain itu, kelas maya juga memungkinkan orang tua ikut mengawasi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang murid.

Contoh kelas maya yang sudah ada :

1. Rumah Belajar (http://www.belajar.kemdikbud.go.id)

Gambar 1.1. Tampilan Awal Kelas Maya pada Rumah Belajar

2. Edmodo (http://www.edmodo.com )

Gambar 1.2. Tampilan Awal Edmodo

3. Quipper school (https://www.quipper.com)

Gambar 1.3. Tampilan Awal Quipper School

4. Google classroom (https://classroom.google.com)

Gambar 1.4. Tampilan Awal Google Classroom

Ada enam potensi kunci dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam rangka revolusi pembelajaran.

a. Konektivitas - akses terhadap beraneka ragam informasi ‘tersedia’ dalam skala global.

Selama memanfaatkan koneksi internet, akan didapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, juga tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan mesin pencari seperti Google atau Bing.

b. Fleksibilitas - belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja

Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang dilaksanakan selama ini (kelas konvensional), guru adalah sumber belajar utama bagi siswa. Akan tetapi dengan kelas konvensional yang diperkaya dengan TIK, memiliki kebebasan dalam menentukan waktu yang tepat kapan harus belajar dan tempat untuk belajar, selama dapat menggunakan komputer dan mengakses internet.

c. Interaksi - evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri

Dengan memanfaatkan TIK, dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun mengerjakan ujian dimanapun dan kapanpun yang inginkan. Dalam beberapa model ujian, dimungkinkan juga untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian.

d. Kolaborasi - penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas

Dengan memanfaatkan perangkat diskusi melalui internet, dapat berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pendapat, baik mengenai sebuah ide, permasalahan, maupun solusidengan rekan atau guru. Dengan perangkat ini juga dapat membuat kelompok belajar. Dalam kelompok ini akan dapat berbagi ide maupun sumber belajar antarteman.

e. Peluang pengembangan - konten digital dapat terus-menerus dikembangkan sehingga dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional

Dalam kelas konvensional, siswa dan guru harus berada dalam ruangan yang sama. Akan tetapi dengan memanfaatkan TIK, guru dapat memberikan instruksi dari tempat tertentu dan siswa tetap dapat mengikuti instruksi guru walaupun berada di tempat yang berbeda.

f. Motivasi - multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik.

Dengan TIK, siswa dan guru akan mendapatkan berbagai sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah video atau animasi yang menjelaskan konsep atau peristiwa tertentu. Dengan bantuan media ini, siswa akan mendapatkan ilustrasi/gambaran yang lebih nyata dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

 


Share :

1 comments:

  1. Best 20 Casinos Near Philadelphia in PA - MapyRO
    Explore 1088 casinos near me, with information about the location, If there is 과천 출장안마 a casino near 파주 출장안마 me, 목포 출장마사지 you can 원주 출장샵 follow Mapyro nearby in 사천 출장안마 2021.

    ReplyDelete

loading...

Advertising

 
close