1 |
Komunikasi yang dinyatakan sukses atau
berhasil apabila |
|
|
A |
Komunikator
paham apa yang mau disampaikan |
|
B |
Komunikan
tahu apa yang akan disampaikan oleh komunikator |
|
C |
Komunikator
siap untuk menyampaikan informasi |
|
D |
Komunikan
tahu bahwa komunikator mau menyampaikan informasi |
|
E |
Komunikan
paham apa yang disampaikan oleh komunikator |
2 |
Berikut
adalah fungsi - fungsi dari komunikasi secara umum, kecuali |
|
|
A |
Pemberi
motivasi |
|
B |
Sebagai
pengendali |
|
C |
Sebagai
pengekang |
|
D |
Curahan
isi hati |
|
E |
Penyebar
informasi |
3 |
Protokol
komunikasi dalam jaringan pertama kali diuncurkan pada tahun |
|
|
A |
1906 |
|
B |
1960 |
|
C |
1969 |
|
D |
1996 |
|
E |
1990 |
4 |
Anton
sudah lama tidak bertemu dengan sahabatnya saat dia masih duduk di SMK.
dikarenakan sahabatnya tersebut sedang berada di Jakarta untuk mencari
pekerjaan serta melanjutkan kuliah disana. Untuk dapat mendengar kabar
sahabatnya tersebut, Anton rutin mengirim surat sebulan sekali pada
sahabatnya tersebut. Dari penggalan cerita pendek tersebut diatas, Anton
melakukan komunikasi ... |
|
|
A |
Nirkata |
|
B |
Nonverbal |
|
C |
Isyarat |
|
D |
Verbal |
|
E |
Symbo |
5 |
Komunikasi
yang dilakukan dengan memanfaat dunia digital yang dilakukan pada saat yang
bersamaan adalah |
|
|
A |
Komunikasi
dalam jaringan |
|
B |
Komunikasi
dalam jaringan sinkron |
|
C |
Komunikasi
dalam jaringan asinkron |
|
D |
Komunikasi |
|
E |
Komunikasi
tidak langsung |
6 |
Salah
satu contoh komunikasi dalam jaringan sinkron adalah penggunaan teknologi
untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di
lokasi yang berbeda. Aplikasi tersebut disebut dengan |
|
|
A |
Text
chat |
|
B |
E-mail |
|
C |
Surel |
|
D |
Video
chat |
|
E |
Forum |
7 |
Berikut
adalah keunggulan dari komunikasi dalam jaringan, kecuali |
|
|
A |
Dapat
dilakukan kapan saja dan dimana saja |
|
B |
Terintegrasi
dengan pengguna TI lainnya |
|
C |
Meningkatkan
partisipasi |
|
D |
Memerlukan
perangkat khusus |
|
E |
Efisiensi
biaya dan waktu |
8 |
Salah
satu kelemahan dari komunikasi dalam jaringan adalah |
|
|
A |
Banyaknya
informasi yang tidak penting |
|
B |
Meningkatkan
partisipasi |
|
C |
Terintegrasi
dengan pengguna TI lainnya |
|
D |
Efisien
wakt |
|
E |
Dapat
dilakukan kapan saja dan dimana saja |
9 |
Penggunaan
komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama
disebut |
|
|
A |
Komunikasi |
|
B |
Komunikasi
Dalam Jaringan |
|
C |
Komunikasi
Dalam Jaringan Sinkron |
|
D |
Komunikasi
Dalam Jaringan Asinkron |
|
E |
Komunikasi
Dalam Jaringan Tak Serempak |
10 |
Komunikasi
beritndak untuk membatasi perilaku seseorang dalam beberapa cara, hal ini
merupakan fungsi komunikasi sebagai |
|
|
A |
Informasi |
|
B |
Interfensi |
|
C |
Motivasi |
|
D |
Kendali |
|
E |
Pengungkapan
emosional |
11 |
Berdasarkan
cara penyampaian, komunikasi dibedakan menjadi 2, yaitu |
|
|
A |
Nirkata
dan Verbal |
|
B |
Verbal
dan Lisan |
|
C |
Tulisan
dan Lisan |
|
D |
Nonverbal
dan Nirkata |
|
E |
Nirkata
dan Gerak |
12 |
Berikut
adalah contoh tata krama dalam berkomunikasi menggunakan google+ hangout,
kecuali |
|
|
A |
Teruslah
berbicara sendiri jangan berhenti |
|
B |
Gunakan
nama dan lokasi asli |
|
C |
Cari
lokasi yang tenang |
|
D |
Cek
perangkat audio |
|
E |
Fokus
pada diskusi |
13 |
Layanan
komunikasi daring yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara audio
video dengan antara 3 - 9 orang disebut |
|
|
A |
Layanan
Google+ |
|
B |
Layanan
Video call |
|
C |
Layanan
Video Chat |
|
D |
Layanan
Text Chat |
|
E |
Layanan
Video Conference |
14 |
Salah
satu hal yang perlu diperhatikan sebelum dan pada saat pelaksanaan komunikasi
dalam jaringan sinkron adalah, kecuali |
|
|
A |
Gunakan
Nickname |
|
B |
Lakukan
komunikasi ditempat yang umum |
|
C |
Fokus
pada hal yang didiskusikan |
|
D |
Sering
menanyakan pada lawan bicara kita suara kita terdengar apa tidak |
|
E |
Potong
pembicaraan lawan bicara apabila tidak jelas |
15 |
Pengertian
komunikasi daring adalah |
|
|
A |
Komunikasi
yang penyampaiannya menggunakn tulisan dan lisan |
|
B |
Komunikasi
yang penyampainya menggunakan ucapan dan tulisan |
|
C |
Komunikasi
yang penyampaiannya menggunakan bahasa gerak, isyarat dan gambar |
|
D |
KOmunikasi
yang penyampaiannya menggunakan bahasa tubuh dan tulisan |
|
E |
Komunikasi
yang penyampaiannya melalui tekhnologi dan informasi |
16 |
Ketika
kita mengirim e-mail terdapat fungsi CC dan BCC. Fungsi CC adalah untuk |
|
|
A |
Mengirimkan
tembusan dengan seluruh alamat tahu kemana saja email itu dikirim |
|
B |
Mengirimkan
tembusan dengan seluruh alamat tidak tahu kemana saja email itu dikirim |
|
C |
Untuk
melampirkan file digital |
|
D |
Untuk
mengatur perihal email |
|
E |
Mengirimk
tembusan kepada alamat email yang banyak dan letaknya berjauhan |
17 |
Untuk
melampirkan file digital pada saat pengiriman email dengan memilih |
|
|
A |
CC |
|
B |
Attachment |
|
C |
Subject |
|
D |
BCC |
|
E |
Create |
18 |
Komunikasi
yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet namun si penerima pesan
tidak sedang online disebut dengan |
|
|
A |
Komunikasi
dalam jaringan |
|
B |
Komunikasi
dalam jaringan sinkron |
|
C |
Komunikasi
dalam jaringan asinkron |
|
D |
Komunikasi |
|
E |
Komunikasi
verbal |
19 |
Dalam
melakukan komunikasi daring asinkron, agar mudah informasi yang diterima
langsung dimengerti, maka yang perlu diperhatikan adalah |
|
|
A |
Menuliskan
semua huruf dengan huruf kapital |
|
B |
Menuliskan
semua huruf dengan huruf kapital |
|
C |
Memperhatikan
penerima CC dan BCC |
|
D |
Menggunakan
bahasa yang baik dan sopan |
|
E |
Menuliskan
subjek dengan jelas |
20 |
Berikut
adalah tatakrama dalam berkomunikasi dalam jaringan asinkron, kecuali |
|
|
A |
Gunakan
bahasa yang baik dan sopan |
|
B |
Gunakan
huruf kapital semua |
|
C |
Tidak
menggunakan huruf kapital semua |
|
D |
Tuliskan
subject dengan jelas |
|
E |
Segera
menanggapi pesan yang penting |
21 |
Cara
pengiriman pesan, file digital, foto digital, dll yang dilakukan melalui
jaringan internet adalah salah satu contoh dari komunikasi dalam jaringan |
|
|
A |
Sinkron |
|
B |
Asinkron |
|
C |
Real
time |
|
D |
Serempak |
|
E |
daring |
22 |
Dalam
melakukan komunikasi daring asinkron, agar mudah informasi yang diterima
langsung dimengerti, maka yang perlu diperhatikan adalah |
|
|
A |
Menuliskan
semua huruf dengan huruf kapital |
|
B |
Menggunakan
jenis huruf (font) yang beragam |
|
C |
Memperhatikan
penerima CC dan BCC |
|
D |
Menggunakan
bahasa yang baik dan sopan |
|
E |
Menuliskan
subjek dengan jelas |
23 |
Salah
satu tatakrama dalam berkomunikasi dalam jaringan asinkron adalah |
|
|
A |
Tidak
menggunakan huruf kapital pada semua kalimat |
|
B |
Gunakan
tulisan yang beranekaragam |
|
C |
Utamakan
keindahan dalam berbahasa |
|
D |
Langsung
balas pada setiap pesan yang dikirim |
|
E |
Tidak
bertele – tele |
24 |
Hal
yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komunikasi dalam jaringan sinkron
adalah kecuali : |
|
|
A |
Cek
perlengkapan audio |
|
B |
Fokus
pada diskusi |
|
C |
Gunakan
nama asli dan lokasi anda berada |
|
D |
Apabila
dipersilahkan bicara, berhenti sebentar untuk menanyakan apakah yang kita
ajak bicara mendengar apa tidak |
|
E |
Carilah
lingkungan yang tenang dan jauh dari keramaian apabila menggunakan mikrofon |
25 |
Berikut
ini adalah etika komunikasi secara umum: 1.Gunakan
nama asli dan lokasi anda. 2.
Fokus pada Diskusi. 3.
Gunakan Bahasa yang baik dan benar. 4.
Gunakan Font yang standar. 5.
Kejelasan penulisan subjek. 6.
Perhatikan penerima CC. Yang
termasuk dalam etika berkomunikasi asinkron adalah |
|
|
A |
1, 3,
4 dan 5 |
|
B |
1, 2,
3 dan 4 |
|
C |
1, 3,
5 dan 6 |
|
D |
2, 4,
dan 6 |
|
E |
1, 3
dan 5 |
26 |
Salah
satu contoh komunikasi dalam jaringan tak serempak adalah .... |
|
|
A |
Facebook |
|
B |
E-mail |
|
C |
MIRc |
|
D |
Google+
Hangout |
|
E |
Skype |
27 |
Dengan
menggunakan akun google, kita bisa mengakses berbagai aplikasi google lainnya
selain e-mail. Salah satu aplikasi berfungsi untuk mencatat agenda kegiatan
yang akan kita lakukan, disebut dengan |
|
|
A |
Google
Playstore |
|
B |
Google
Drive |
|
C |
Google
Calender |
|
D |
POP
and Forwarding |
|
E |
Google
Formulir |
28 |
Pada
pembuatan e-mail di google kita diminta untuk memasukkan password, apa guna
dari password tersebut |
|
|
A |
Untuk
identitas kita dalam e-mail |
|
B |
Untuk
akses apabila kita ingin mengirim email |
|
C |
Sebagai
pengaman dalam pengiriman e-mail |
|
D |
Sebagai
pengaman e-mail kita |
|
E |
Sebagai
informasi pribadi |
29 |
Salah
satu ayanan Google yang memungkinkan untuk menyimpan file secara daring dan
mengaksesnya di mana saja menggunakan cloud adalah |
|
|
A |
Google
formulir |
|
B |
Google
drive |
|
C |
Googel
calender |
|
D |
Google
playstore |
|
E |
Google
docs |
30 |
Salah
satu layanan google yang memungkikan kita untuk membuat lembar isian yang
digunakan untuk mengumpulkan suatu data atau informasi adalah |
|
|
A |
Google
drive |
|
B |
Google
Calender |
|
C |
Google
playstore |
|
D |
Google
Formulir |
|
E |
Google
Docs |
31 |
Suatu
upaya untuk meningkatkan pembelajaran sehingga bisa dilsaknakan diman asaja
dan kapan saja adalah |
|
|
A |
Kelas
maya |
|
B |
Kelas
kovensional |
|
C |
Pembalajaran
Luring |
|
D |
Kelas
tatap muka |
|
E |
Kelas
otomatis |
32 |
Ada 6
potensi kunci yang kita dapat dari pembelajaran kelas maya, diantaranya
adalah sebagai berikut |
|
|
A |
Konektivitas,
Fleksibilitas, Interaksi, Komunikasi |
|
B |
Konektifitas,
Fleksibilitas, Interaksi, Kolaborasi |
|
C |
Konektifitas,
Fleksibilitas, Komunikasi, Kolaborasi |
|
D |
Konektifitas,
Efektifitas, Komunitas Kolaborasi |
|
E |
Kreatifitas,
Efektifitas, Komunitas Kolaborasi |
33 |
Selama
Anda memanfaatkan koneksi internet, Anda akan mendapatkan informasi apapun
yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, Anda juga
tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan mesin pencari seperti Google atau
Bing. Deskripsi diatas adalah penjelasan dari potensi kunci kelas maya, yaitu |
|
|
A |
Interaksi |
|
B |
Kolaborasi |
|
C |
Konektifitas |
|
D |
Peluang
Pengembangan |
|
E |
Fleksibilitas |
34 |
Dengan
memanfaatkan TIK, Anda dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun
mengerjakan ujian di manapun dan kapanpun Anda inginkan. Dalam beberapa model
ujian, Anda juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan
balik secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk
mengetahui hasil penilaian ujian Anda Deskripsi diatas adalah penjelasan dari
potensi kunci dari kelas maya, yaitu |
|
|
A |
Peluang
pengembangan |
|
B |
Kolaborasi |
|
C |
Motivasi |
|
D |
Interaksi |
|
E |
Konektifitas |
35 |
Menurut
Rasthy tahun 1999, model pembelajaran kelas maya dibagi menjadi 3 (tiga)
jenis dibawah ini, kecual |
|
|
A |
e-learning |
|
B |
Blended |
|
C |
Adjunct |
|
D |
Fully
Online |
|
E |
Mixed |
36 |
Model
pembelajaran kelas maya yang bertujuan sebagai penunjang pembelajaran kelas
konvensional adalah model |
|
|
A |
Blended |
|
B |
Adjunct |
|
C |
Mixed |
|
D |
Fully
Online |
|
E |
Daring
Penuh |
37 |
Pembelajaran
kelas maya yang dipergunakan untuk mengganti seluruh kegiatan pembelajaran
kelas konvensional adalah model |
|
|
A |
Adjunct |
|
B |
Blended |
|
C |
Mixed |
|
D |
Fully
Online |
|
E |
Penunjang |
38 |
Model
pembelajaran mixed pada pembelajaran kelas maya berfungsi sebagai |
|
|
A |
Complement |
|
B |
Replacement |
|
C |
Suplement |
|
D |
Mengganti
keseluruhan |
|
E |
Penunjang |
39 |
Aplikasi
yang digunakan untuk mengelola pembelajaran, mengirimkan konten (content
delivery system), dan melacak aktivitas daring seperti memastikan kehadiran
dalam kelas maya, memastikan waktu pengumpulan tugas, dan melacak hasil
pencapaian siswa adalah deskripsi dari software pembelajaran kelas maya |
|
|
A |
LCMS |
|
B |
LMS |
|
C |
SLN |
|
D |
SLNs |
|
E |
LCMNs |
40 |
Sebuah
aplikasi yang digunakan oleh pemilik konten untuk mendaftar (register),
menyimpan (store), menggabungkan (assembly), mengelola (manage), dan
memublikasikan (publish) konten pembelajaran untuk penyampaian melalui web,
bentuk cetak, maupun CD adalah software penyedia pembelajaran kelas maya
jenis |
|
|
A |
LCMS |
|
B |
LMS |
|
C |
SLN |
|
D |
SLNs |
|
E |
LCMNs |
41 |
Salah
satu yang persamaan antara EDMODO dengan Facebook adalah |
|
|
A |
Semua
fitur pada platform tersebut bebas digunakan /tidak berbayar |
|
B |
Open
and Closed Group collaboration |
|
C |
Fasilitas
chatting / pengiriman perpesanan |
|
D |
Pengguna
dibatasi oleh usia yaitu 13 thn ke atas |
|
E |
Open
Group Collaboration |
42 |
Fungsi
dari kode grup saat kita mau membuat akun di EDMODO adalah untuk |
|
|
A |
Password
pada saat kita login |
|
B |
Bergabung
dengan grup / kelas tertentu |
|
C |
Username
pada saat kita login |
|
D |
Membuka
kunci akses pada mata pelajaran tertentu |
|
E |
Untuk
mengunci soal yang diberikan |
43 |
Kita
dapat menulis hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran dan akan dilihat oleh
kawan sekelas kita pada fitur |
|
|
A |
Progress |
|
B |
Backpack |
|
C |
Assaigment |
|
D |
Search |
|
E |
Note |
44 |
Fitur
yang memiliki fungsi untuk melihat kode yang akan dibagikan kepada orang tua
supaya orang tua terhubung dengan akun kita adalah |
|
|
A |
Progress |
|
B |
Class
Code |
|
C |
Home |
|
D |
Backpack |
|
E |
Parents
Code |
45 |
Untuk
mengganti foto profil pada akun edmodo adalah dengan cara |
|
|
A |
Me –
setting |
|
B |
Home
– setting |
|
C |
Search
– profil |
|
D |
Search
– photo |
|
E |
Search
– Setting |
46 |
Untuk
melihat capaian hasil evaluasi pembelajaran pada edmodo adalah dengan cara
pilih fitur |
|
|
A |
Backpack |
|
B |
Progress |
|
C |
Search |
|
D |
Note |
|
E |
Setting |
47 |
Untuk
mengerjakan tugas berupa assigment dalam edmodo adalah dengan .... sebagai
pintu masuk |
|
|
A |
Turn
In |
|
B |
Start
Quiz |
|
C |
Open
It |
|
D |
Walk
In |
|
E |
Come
In Quiz |
48 |
Apabila
kita mengerjakan tugas kemudian tugas tersebut perlu diperbaiki dan mengirim
ulang maka yang perlu kita lakukan adalah dengan klik tombol |
|
|
A |
Turn
In |
|
B |
Resubmit
Assigment |
|
C |
Turn
In Back |
|
D |
Waiting
For Grade |
|
E |
Turn
Back Assigment |
49 |
Pada
kuis jenis ini Anda diminta mengetik jawaban singkat pada tempat yang
disediakan yaitu ikon kotak / tempat khusus menjawab. Setelah Anda
mengerjakan soal jenis ini, poin jawaban dari soal ini tidak langsung keluar
dalam penilaian, sebab harus dikoreksi secara manual oleh guru Anda. Quiz
jenis apakah yang dimaksud diatas ? |
|
|
A |
Multiple
Choice |
|
B |
Fill
the blank |
|
C |
Matching |
|
D |
Short
answer |
|
E |
True
False |
50 |
Type
soal quiz yang mengharuskan kita mencocokkan antara jawaban pada kolom 1
dengan kolom lainnya adalah |
|
|
A |
Multiple
Choice |
|
B |
Fill
the blank |
|
C |
Matching |
|
D |
Short
answer |
|
E |
True
False |
51 |
Proses
menata dan menyusun gambar video, image, title dan sound pada software video
editing disebut dengan |
|
|
A |
Rendering |
|
B |
Editting |
|
C |
Lighting |
|
D |
Moving |
|
E |
Capturing |
52 |
Proses
pemindahan gambar atau video dari alat rekam ke komputer atau laptop disebut
dengan |
|
|
A |
Rendering |
|
B |
Editting |
|
C |
Lighting |
|
D |
Moving |
|
E |
Capturing |
53 |
Berikut
adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengedit video yaitu |
|
|
A |
Microsoft
Outlook |
|
B |
Microsoft
Publisher |
|
C |
Windows
Movie Maker |
|
D |
Windows
XP |
|
E |
FreeMind |
54 |
Ada
satu metode standar yang digunakan dalam media visual seperti video, film dan
fotografi yang artinya pada saat pengaturan cahaya kita diharuskan fokus pada
tiga titik pencahayaan. Metode ini disebut dengan |
|
|
A |
Three
Pint Lighting |
|
B |
Three
Key Lighting |
|
C |
Three
Fill Lighting |
|
D |
Three
Back Lighting |
|
E |
Three
Hole Lighting |
55 |
Adam
ditugaskan oleh guru untuk merancang video tentang produk jamu buatan Usaha
Kecil Menengah di sekitar sekolah. Jenis video yang digunakan adalah.... |
|
|
A |
Video
dokumenter |
|
B |
Video
Pembelajaran |
|
C |
Video
Berita |
|
D |
Video
Presentasi |
|
E |
Video
Cerita |
56 |
Berikut
adalah hal – hal yang harus diperhatikan pada saat pengambilan gambar untuk
presentasi video, kecuali |
|
|
A |
Setiap
gerak harus memiliki makna yang mendukung kelebihan produk |
|
B |
Kejelian
kamera menampilkan bagian utama dan kelebihan produk atau cara kerja |
|
C |
Hindari
penggunaan zoom in apabila tidak menggunakan tripod |
|
D |
Untuk
memfokuskan pada gambar yang diambil gunakan zoom in |
|
E |
Atur
pemeran utama supaya tidak banyak bergerak |
57 |
Yang
bukan merupakan fungsi naskah video pada pembuatan presentasi video adalah |
|
|
A |
Dasar
penentuan Kostum |
|
B |
Dasar
penentuan anggaran |
|
C |
Dasar
mementukan ide |
|
D |
Dasar
menentukan pemeran |
|
E |
Dasar
menentukan kerabat kerja |
58 |
Pengertian
dari treatmen pada pembuatan presentasi video adalah |
|
|
A |
Suatu
peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita singkat, ringkas,
padat dan jelas, tanpa menghilangkan unsur – unsur pentingnya |
|
B |
Rancangan
yang tersusun dalam pikiran, berarti sama dengan gagasan |
|
C |
Urutan
adegan, sehingga adegan tersebut menjadi cerita yang menarik |
|
D |
Suatu
teks yang berisi gambaran alur ceritayang akan terlihat di layar, naskah
dalam pembuatan video proses kali ini dibuat agar sang presenter mengerti
detail dari presentasi yang akan disampaikan |
|
E |
Kesenjangan
antara kondisi ideal dengan kondisi nyata |
59 |
Suatu
peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita singkat, ringkas,
padat dan jelas, tanpa menghilangkan unsur – unsur pentingnya pada pembuatan
presentasi video disebut dengan |
|
|
A |
Sinopsis |
|
B |
Treatment |
|
C |
Naskah |
|
D |
Rumusan
Masalah |
|
E |
Kemungkinan
Solusi |
60 |
Adi
ingin membuat sebuah presentasi video tentang cara merawat sepeda motor. Maka
langkah pertama yang harus dilakukan oleh Adi adalah |
|
|
A |
Menyusun
sinopsis |
|
B |
Menyusun
Naskah Cerita |
|
C |
Menyusun
Treatment |
|
D |
Menemukan
ide |
|
E |
Merumuskan
masalah |
61 |
Berikut
yang bukan merupakan ciri dari presentasi video adalah |
|
|
A |
Mengkomunikasikan
ide |
|
B |
Memaparkan
infomrasi peristiwa |
|
C |
Menunjukkan
solusi |
|
D |
Mengkomunikasikan
produk dan jasa |
|
E |
Menunjukkan
cara kerja |
62 |
Fungsi
utama dari presentasi video adalah untuk |
|
|
A |
Menceritakan
kejadian nyata yang direka ulang |
|
B |
Merekan
suatu kejadian nyata |
|
C |
Memaparkan
suatu berita |
|
D |
Sebagai
bahan pembelajaran |
|
E |
Mengkomunikasikan
ide |
63 |
Video
yang dibuat dengan tujuan untuk menceritakan kejadian nyata yang direka ulang
disebut dengan video |
|
|
A |
Cerita |
|
B |
Berita |
|
C |
Dokumenter |
|
D |
Pembelajaran |
|
E |
Presentasi |
64 |
Salah
satu tahapan dalam pembuatan video yang didalamnya berisi seperti pengeditan
film, pemberian efek khusus, pengoreksian warna, pemberian suara dan musik
latar, hingga penambahan animasi disebut dengan |
|
|
A |
Tahap
pasca-produksi |
|
B |
Tahap
produksi |
|
C |
Tahap
praproduksi |
|
D |
Tahap
penyusunan naskah |
|
E |
Tahap
rendering |
65 |
Rancangan
editing yang dibuat oleh seorang editor untuk diberikan kepada sutradara dan
produser disebut |
|
|
A |
Capturing
and Importing |
|
B |
Post-Production |
|
C |
Editing
Decition List |
|
D |
Storyboard |
|
E |
Audio
Mixing |
66 |
Proses
menyusun, mereview, memilih dan kemudian mengumpulkan bahan audio video/footage
Selama proses produksi adalah deskripsi dari Video Editing yang disampaikan
oleh |
|
|
A |
Wurtzel,
A |
|
B |
KBBI
– Kamus Besar Bahasa Indonesia |
|
C |
Thompson,
R & Bowen, C.J. |
|
D |
Bordwell,
D. & Thompson, K. |
|
E |
Subroto,
D.S. |
67 |
Menciptakan
kontinuitas gambar yang baik, wajar dan logis sehingga dapat dinikmati
khalayak penontonnya. Penjelasan tersebut adalah deskripsi Video Editing yang
disampaikan oleh |
|
|
A |
Wurtzel,
A |
|
B |
KBBI
– Kamus Besar Bahasa Indonesia |
|
C |
Thompson,
R & Bowen, C.J. |
|
D |
Bordwell,
D. & Thompson, K. |
|
E |
Subroto,
D.S. |
68 |
Salah
satu kemampuan dari seorang editor adalah mampu untuk menggabungkan gambar -
gambar secara berurutan sehingga bisa dan dapat menggiring orang untuk
menonton dan melihat video secara keseluruhan. Kemampuan editor tersebut
dikenal dengan istilah |
|
|
A |
Motivasi |
|
B |
Komposisi |
|
C |
Informasi |
|
D |
Continuity |
|
E |
Titling |
69 |
Semua
jenis bunyi-bunyian baik itu dalam bentuk nada, secara akustik maupun
electric yang dihasilkan untuk memberikan ilustrasi dan kesan untuk
membangkitkan emosi atau mood penonton yang seakan-akan turut telibat
didalamnya disebut dengan |
|
|
A |
Music
Illustration |
|
B |
Sound
Effect |
|
C |
Original
Sound |
|
D |
Sound
Mixing |
|
E |
Dubbing |
70 |
Merupakan
suara-suara tertentu yang dibuat untuk ditambahkan pada saat proses editing,
bisa dari original sound maupun atmosfer, untuk mendukung sebuah adegan
sehingga bisa memberikan atau menghadirkan suasana tertentu adalah |
|
|
A |
Music
Illustration |
|
B |
Sound
Effect |
|
C |
Original
Sound |
|
D |
Sound
Mixing |
|
E |
Dubbing |
71 |
Proses
memindahkan hasil rekaman gambar dari kamera ke perangkat editing, salah
satunya dengan cara |
|
|
A |
Importing |
|
B |
Mixing
|
|
C |
Editting |
|
D |
Cutting |
|
E |
Rendering |
72 |
Teknik
pemotongan dan penyusunan gambar pada saat editing video berdasarkan tempo
sound yang digunakan disebut dengan |
|
|
A |
Trims
Tools |
|
B |
Cutting
Tools |
|
C |
Split
Tools |
|
D |
Speed
Up and Speed Down |
|
E |
Cutting
On Beat |
73 |
Perekaman
suara manusia secara sinkron dengan gambar film. Suaranya mungkin atau
mungkin tidak berasal dari aktor/aktris yang sesungguhnya serta bisa juga
bahasa yang digunakan ketika film tersebut dibuat. Proses ini dikenal dengan
istilah |
|
|
A |
Rendering |
|
B |
Dubbing |
|
C |
Mixing |
|
D |
Cutting |
|
E |
Capturing |
74 |
Salah
satu software video editing yang bisa digunakan pada sistem operasi LINUX
adalah |
|
|
A |
Windows
Movie Maker |
|
B |
Ulead
Video Studio |
|
C |
Pinnacle |
|
D |
Openshot |
|
E |
Sony
Vegas |
75 |
Untuk
membuka project yang pernah dikerjakan pada software Ulead Video Studio
adalah dengan memilih pada menu |
|
|
A |
Edit |
|
B |
Clip |
|
C |
Capture |
|
D |
File |
|
E |
Project |
76 |
Untuk
mentransfer file video dari kamera yang kita punya ke Ulead Video Studio
adalah dengan memanfaatkan menu |
|
|
A |
Edit |
|
B |
Tools |
|
C |
Capture |
|
D |
Overlay |
|
E |
Share |
77 |
Untuk
memberi transisi pada perpotongan antara image dengan video atau antar
potongan video pada Ulead Video Studio adalah dengan memilih menu |
|
|
A |
Transition |
|
B |
Effect |
|
C |
Split |
|
D |
Trim |
|
E |
Cut |
78 |
Untuk
proses finishing atau proses akhir dalam editing video menggunakan Ulead
Video Studio adalah proses merender adalah dengan memilih menu |
|
|
A |
Render |
|
B |
Publish
to |
|
C |
Import |
|
D |
Eksport |
|
E |
Share |
79 |
Fitur
dari Windows Movie Maker yang merupakan jendala kerja dan tempat dimana
melakukan editing video adalah |
|
|
A |
Ribbon |
|
B |
Preview
Pane |
|
C |
Storyboard
Panes |
|
D |
Zoom
Bar |
|
E |
Publish
To |
80 |
Fasilitas
yang terdapat pada Windows Movie Maker yang berfungsi untuk memotong sebuah
file video menjadi beberapa bagian adalah |
|
|
A |
Cut |
|
B |
Split |
|
C |
Edit |
|
D |
Copy |
|
E |
Remove |
81 |
Untuk
memberi transisi pada perpotongan antar 2 video atau antara image dengan
video pada software Windows Movie Maker adalah dengan memilih fitur |
|
|
A |
Effects |
|
B |
Transitions |
|
C |
Import |
|
D |
Titles
and Credits |
|
E |
Publish
To |
82 |
Untuk
menambahkan nama - nama kru yang bertugas pada software Windows Movie Maker
adalah dengan memilih |
|
|
A |
Titles
and Credits - Create Crew |
|
B |
Titles
and Credits -Title at The Beginning |
|
C |
Titles
and Credits -Credits at The Ends |
|
D |
Titles
and Credits -Title beforethe selected clips |
|
E |
Titles
and Credits - Title on the selected clips |
83 |
Proses
akhir pada editing video menggunakan Windows Movie Maker adalah menyimpan /
merender video tersebut dengan cara klik pada |
|
|
A |
Publish
To |
|
B |
Share |
|
C |
Create |
|
D |
Render |
|
E |
Save
As |
84 |
Satu
alternatif media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian konsep / Ide /
produk yang bersifat abstrak sehingga menjadi lebih nyata karena gambaran
objek tiruan dapat dilihat dari berbagai sudut dan
arah,kanan-kiri-atas-bawah-depan dan belakang (point of view) disebut dengan |
|
|
A |
Simulasi
Visual 3D |
|
B |
Simulasi
Visual 2D |
|
C |
Simulasi
Digital |
|
D |
Simulasi
Nyata |
|
E |
Simulasi
Gambar |
85 |
Yang
bukan termasuk software yang digunakan untuk membuat Simulasi Visual 3D
adalah |
|
|
A |
Blender |
|
B |
Cinema
4D |
|
C |
FreeMind |
|
D |
3DS
Max |
|
E |
Maya |
86 |
Apabila
akan membuat sebuah presentasi / simulasi visual yang bertemakan barang yang
tidak mungkin dilihat secara langsung atau berbahaya bisa menggunakan teknik |
|
|
A |
Presentasi
Video |
|
B |
Presentasi
PPt |
|
C |
Presentasi
Langsung |
|
D |
Simulasi
Visual 3D |
|
E |
Simulasi
Digital |
87 |
Penggagas
software animasi 3D Blender adalah |
|
|
A |
Toon
Roosedaal |
|
B |
Thompsons
Krutzel |
|
C |
Booween
Cluy Junior |
|
D |
Subroto
Dono Susilo |
|
E |
Wurtzel
A. |
88 |
Selain
OS Windows, Blender juga dapat diinstal dan dipergunakan pada System Operasi |
|
|
A |
Android |
|
B |
Mac
OS |
|
C |
Iphone |
|
D |
Tablet |
|
E |
MS
Office |
89 |
Panel
yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan
bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif pada Software
Blender dikenal dengan istilah |
|
|
A |
Viewport |
|
B |
Header |
|
C |
Outliner |
|
D |
Timeline |
|
E |
Property |
90 |
Untuk
mengerjakan sebuah object pada Software Blender akan lebih baik kalau kita
melihat object tersebut dari berbagai sudut. Salah satunya adalah dengan
membagi layar menjadi beberapa bagian sehingga setiap bagian menunjukkan
sudut pandang object yang berbeda. Istilah ini lebih dikenal dengan sebutan |
|
|
A |
Screen
Layout |
|
B |
Splitting
Windows |
|
C |
User
Preference |
|
D |
Logic
Editor |
|
E |
Changing
the EditorType |
91 |
Fitur
yang berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil ukuran object pada software
Blender adalah |
|
|
A |
Translate
Manipulator |
|
B |
Scale
Manipulator |
|
C |
Rotate
Manipulator |
|
D |
Size
Manipulator |
|
E |
Object
Manipulator |
92 |
Fitur
yang berfungsi untuk menambah atau memperluas dari vertex, edge atau face
object pada software blender adalah |
|
|
A |
Extrude |
|
B |
Scale |
|
C |
Size |
|
D |
Ortho |
|
E |
Select |
93 |
Untuk
mengatur ketebalan objek yang kita buat di Blender langkah pertama adalah
dengan memilih |
|
|
A |
Modifier |
|
B |
Thickness |
|
C |
Add
modifier |
|
D |
Solidity |
|
E |
Properti
solidity |
94 |
Menambah
angka yang ada pada properti solidity bagian Thickness akan berfungsi untuk |
|
|
A |
Menghapus
beberapa bagian dari object |
|
B |
Menambah
banyaknya vertex objek |
|
C |
Mempertipis
objek |
|
D |
Mempertebal
objek |
|
E |
Menambah
objek |
95 |
Fitur
yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan objek yang dibuat menggunakan
blender adalah |
|
|
A |
Properti
Solidify |
|
B |
Subdivision
Surface |
|
C |
Thickness |
|
D |
Add
Mesh |
|
E |
Modifier |
96 |
Fungsi
dari tombol R pada software Blender adalah untuk |
|
|
A |
Menambah
garis vertex |
|
B |
Merotasi
objek |
|
C |
Mengembalikan
objek ke sebelum ditambahgaris vertex |
|
D |
Mengembalikan
objek ke sebelum dirotasi |
|
E |
Menghapus
garis vertex |
97 |
Camera
angle sangat diperlukan untuk menyajikan infomasi visual dengan rangkaian
bidikan kamera yang mampu mengomunikasikan informasi menjadi lebih baik dan
mudah dipahami melalui bahasa visual. ada 3 jenis camera angle yang dikenal
dalam proyek visual, salah satunya adalah Kamera ini melakukan pengambilan
gambar mewakili pandangan penonton yang lebih dikenal dengan |
|
|
A |
Angle
Kamera Point of View |
|
B |
Point
of view |
|
C |
Angle
Kamera Objektif |
|
D |
Angle
Kamera Subjektif |
|
E |
Angle
Kamera Shoot |
98 |
Untuk
mengatur posisi camera dalam proses pengambilan sudut pandang camera pada
software blender adalah dengan cara |
|
|
A |
view
– camera |
|
B |
camera
– view |
|
C |
show
– camera |
|
D |
camera
– show |
|
E |
camera
- view – show |
99 |
Animasi
yang membuat objek bergerak berputar adalah jenis animasi |
|
|
A |
Scala |
|
B |
Kamera |
|
C |
Objek |
|
D |
Lokasi |
|
E |
Rotasi |
100 |
Fitur
yang berfungsi untuk mengunci aksi gerakan objek adalah |
|
|
A |
Animation |
|
B |
Rendering |
|
C |
Key
of Animation |
|
D |
Dope
Sheet Summary |
|
E |
Animation
Rendering |
Home »
SIMKOMDIG
,
SKD Semester 2
,
Soal-soal
,
UAS
» Latihan Uji Semester Genap SIMKOMDIG (kunci di bag bawah)
Latihan Uji Semester Genap SIMKOMDIG (kunci di bag bawah)
Sudah mencoba mengerjakan soal-soal diatas? yuk coba koreksi dengan klik pada BANK SOAL
Share :
loading...
0 comments:
Post a Comment