Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya dengan memberi comment pada postingan saya.

Latihan Uji Semester Genap SIMKOMDIG (kunci di bag bawah)

1

Komunikasi yang dinyatakan sukses atau berhasil apabila

 

A

Komunikator paham apa yang mau disampaikan

 

B

Komunikan tahu apa yang akan disampaikan oleh komunikator

 

C

Komunikator siap untuk menyampaikan informasi

 

D

Komunikan tahu bahwa komunikator mau menyampaikan informasi

 

E

Komunikan paham apa yang disampaikan oleh komunikator

2

Berikut adalah fungsi - fungsi dari komunikasi secara umum, kecuali

 

A

Pemberi motivasi

 

B

Sebagai pengendali

 

C

Sebagai pengekang

 

D

Curahan isi hati

 

E

Penyebar informasi

3

Protokol komunikasi dalam jaringan pertama kali diuncurkan pada tahun

 

A

1906

 

B

1960

 

C

1969

 

D

1996

 

E

1990

4

Anton sudah lama tidak bertemu dengan sahabatnya saat dia masih duduk di SMK. dikarenakan sahabatnya tersebut sedang berada di Jakarta untuk mencari pekerjaan serta melanjutkan kuliah disana. Untuk dapat mendengar kabar sahabatnya tersebut, Anton rutin mengirim surat sebulan sekali pada sahabatnya tersebut. Dari penggalan cerita pendek tersebut diatas, Anton melakukan komunikasi ...

 

A

Nirkata

 

B

Nonverbal

 

C

Isyarat

 

D

Verbal

 

E

Symbo

5

Komunikasi yang dilakukan dengan memanfaat dunia digital yang dilakukan pada saat yang bersamaan adalah

 

A

Komunikasi dalam jaringan

 

B

Komunikasi dalam jaringan sinkron

 

C

Komunikasi dalam jaringan asinkron

 

D

Komunikasi

 

E

Komunikasi tidak langsung

6

Salah satu contoh komunikasi dalam jaringan sinkron adalah penggunaan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Aplikasi tersebut disebut dengan

 

A

Text chat

 

B

E-mail

 

C

Surel

 

D

Video chat

 

E

Forum

7

Berikut adalah keunggulan dari komunikasi dalam jaringan, kecuali

 

A

Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja

 

B

Terintegrasi dengan pengguna TI lainnya

 

C

Meningkatkan partisipasi

 

D

Memerlukan perangkat khusus

 

E

Efisiensi biaya dan waktu

8

Salah satu kelemahan dari komunikasi dalam jaringan adalah

 

A

Banyaknya informasi yang tidak penting

 

B

Meningkatkan partisipasi

 

C

Terintegrasi dengan pengguna TI lainnya

 

D

Efisien wakt

 

E

Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja

9

Penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama disebut

 

A

Komunikasi

 

B

Komunikasi Dalam Jaringan

 

C

Komunikasi Dalam Jaringan Sinkron

 

D

Komunikasi Dalam Jaringan Asinkron

 

E

Komunikasi Dalam Jaringan Tak Serempak

10

Komunikasi beritndak untuk membatasi perilaku seseorang dalam beberapa cara, hal ini merupakan fungsi komunikasi sebagai

 

A

Informasi

 

B

Interfensi

 

C

Motivasi

 

D

Kendali

 

E

Pengungkapan emosional

11

Berdasarkan cara penyampaian, komunikasi dibedakan menjadi 2, yaitu

 

A

Nirkata dan Verbal

 

B

Verbal dan Lisan

 

C

Tulisan dan Lisan

 

D

Nonverbal dan Nirkata

 

E

Nirkata dan Gerak

12

Berikut adalah contoh tata krama dalam berkomunikasi menggunakan google+ hangout, kecuali

 

A

Teruslah berbicara sendiri jangan berhenti

 

B

Gunakan nama dan lokasi asli

 

C

Cari lokasi yang tenang

 

D

Cek perangkat audio

 

E

Fokus pada diskusi

13

Layanan komunikasi daring yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara audio video dengan antara 3 - 9 orang disebut

 

A

Layanan Google+

 

B

Layanan Video call

 

C

Layanan Video Chat

 

D

Layanan Text Chat

 

E

Layanan Video Conference

14

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum dan pada saat pelaksanaan komunikasi dalam jaringan sinkron adalah, kecuali

 

A

Gunakan Nickname

 

B

Lakukan komunikasi ditempat yang umum

 

C

Fokus pada hal yang didiskusikan

 

D

Sering menanyakan pada lawan bicara kita suara kita terdengar apa tidak

 

E

Potong pembicaraan lawan bicara apabila tidak jelas

15

Pengertian komunikasi daring adalah

 

A

Komunikasi yang penyampaiannya menggunakn tulisan dan lisan

 

B

Komunikasi yang penyampainya menggunakan ucapan dan tulisan

 

C

Komunikasi yang penyampaiannya menggunakan bahasa gerak, isyarat dan gambar

 

D

KOmunikasi yang penyampaiannya menggunakan bahasa tubuh dan tulisan

 

E

Komunikasi yang penyampaiannya melalui tekhnologi dan informasi

16

Ketika kita mengirim e-mail terdapat fungsi CC dan BCC. Fungsi CC adalah untuk

 

A

Mengirimkan tembusan dengan seluruh alamat tahu kemana saja email itu dikirim

 

B

Mengirimkan tembusan dengan seluruh alamat tidak tahu kemana saja email itu dikirim

 

C

Untuk melampirkan file digital

 

D

Untuk mengatur perihal email

 

E

Mengirimk tembusan kepada alamat email yang banyak dan letaknya berjauhan

17

Untuk melampirkan file digital pada saat pengiriman email dengan memilih

 

A

CC

 

B

Attachment

 

C

Subject

 

D

BCC

 

E

Create

18

Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet namun si penerima pesan tidak sedang online disebut dengan

 

A

Komunikasi dalam jaringan

 

B

Komunikasi dalam jaringan sinkron

 

C

Komunikasi dalam jaringan asinkron

 

D

Komunikasi

 

E

Komunikasi verbal

19

Dalam melakukan komunikasi daring asinkron, agar mudah informasi yang diterima langsung dimengerti, maka yang perlu diperhatikan adalah

 

A

Menuliskan semua huruf dengan huruf kapital

 

B

Menuliskan semua huruf dengan huruf kapital

 

C

Memperhatikan penerima CC dan BCC

 

D

Menggunakan bahasa yang baik dan sopan

 

E

Menuliskan subjek dengan jelas

20

Berikut adalah tatakrama dalam berkomunikasi dalam jaringan asinkron, kecuali

 

A

Gunakan bahasa yang baik dan sopan

 

B

Gunakan huruf kapital semua

 

C

Tidak menggunakan huruf kapital semua

 

D

Tuliskan subject dengan jelas

 

E

Segera menanggapi pesan yang penting

21

Cara pengiriman pesan, file digital, foto digital, dll yang dilakukan melalui jaringan internet adalah salah satu contoh dari komunikasi dalam jaringan

 

A

Sinkron

 

B

Asinkron

 

C

Real time

 

D

Serempak

 

E

daring

22

Dalam melakukan komunikasi daring asinkron, agar mudah informasi yang diterima langsung dimengerti, maka yang perlu diperhatikan adalah

 

A

Menuliskan semua huruf dengan huruf kapital

 

B

Menggunakan jenis huruf (font) yang beragam

 

C

Memperhatikan penerima CC dan BCC

 

D

Menggunakan bahasa yang baik dan sopan

 

E

Menuliskan subjek dengan jelas

23

Salah satu tatakrama dalam berkomunikasi dalam jaringan asinkron adalah

 

A

Tidak menggunakan huruf kapital pada semua kalimat

 

B

Gunakan tulisan yang beranekaragam

 

C

Utamakan keindahan dalam berbahasa

 

D

Langsung balas pada setiap pesan yang dikirim

 

E

Tidak bertele – tele

24

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan komunikasi dalam jaringan sinkron adalah kecuali :

 

A

Cek perlengkapan audio

 

B

Fokus pada diskusi

 

C

Gunakan nama asli dan lokasi anda berada

 

D

Apabila dipersilahkan bicara, berhenti sebentar untuk menanyakan apakah yang kita ajak bicara mendengar apa tidak

 

E

Carilah lingkungan yang tenang dan jauh dari keramaian apabila menggunakan mikrofon

25

Berikut ini adalah etika komunikasi secara umum:

1.Gunakan nama asli dan lokasi anda.

2. Fokus pada Diskusi.

3. Gunakan Bahasa yang baik dan benar.

4. Gunakan Font yang standar.

5. Kejelasan penulisan subjek.

6. Perhatikan penerima CC.

Yang termasuk dalam etika berkomunikasi asinkron adalah

 

A

1, 3, 4 dan 5

 

B

1, 2, 3 dan 4

 

C

1, 3, 5 dan 6

 

D

2, 4, dan 6

 

E

1, 3 dan 5

26

Salah satu contoh komunikasi dalam jaringan tak serempak adalah ....

 

A

Facebook

 

B

E-mail

 

C

MIRc

 

D

Google+ Hangout

 

E

Skype

27

Dengan menggunakan akun google, kita bisa mengakses berbagai aplikasi google lainnya selain e-mail. Salah satu aplikasi berfungsi untuk mencatat agenda kegiatan yang akan kita lakukan, disebut dengan

 

A

Google Playstore

 

B

Google Drive

 

C

Google Calender

 

D

POP and Forwarding

 

E

Google Formulir

28

Pada pembuatan e-mail di google kita diminta untuk memasukkan password, apa guna dari password tersebut

 

A

Untuk identitas kita dalam e-mail

 

B

Untuk akses apabila kita ingin mengirim email

 

C

Sebagai pengaman dalam pengiriman e-mail

 

D

Sebagai pengaman e-mail kita

 

E

Sebagai informasi pribadi

29

Salah satu ayanan Google yang memungkinkan untuk menyimpan file secara daring dan mengaksesnya di mana saja menggunakan cloud adalah

 

A

Google formulir

 

B

Google drive

 

C

Googel calender

 

D

Google playstore

 

E

Google docs

30

Salah satu layanan google yang memungkikan kita untuk membuat lembar isian yang digunakan untuk mengumpulkan suatu data atau informasi adalah

 

A

Google drive

 

B

Google Calender

 

C

Google playstore

 

D

Google Formulir

 

E

Google Docs

31

Suatu upaya untuk meningkatkan pembelajaran sehingga bisa dilsaknakan diman asaja dan kapan saja adalah

 

A

Kelas maya

 

B

Kelas kovensional

 

C

Pembalajaran Luring

 

D

Kelas tatap muka

 

E

Kelas otomatis

32

Ada 6 potensi kunci yang kita dapat dari pembelajaran kelas maya, diantaranya adalah sebagai berikut

 

A

Konektivitas, Fleksibilitas, Interaksi, Komunikasi

 

B

Konektifitas, Fleksibilitas, Interaksi, Kolaborasi

 

C

Konektifitas, Fleksibilitas, Komunikasi, Kolaborasi

 

D

Konektifitas, Efektifitas, Komunitas Kolaborasi

 

E

Kreatifitas, Efektifitas, Komunitas Kolaborasi

33

Selama Anda memanfaatkan koneksi internet, Anda akan mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, Anda juga tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan mesin pencari seperti Google atau Bing. Deskripsi diatas adalah penjelasan dari potensi kunci kelas maya, yaitu

 

A

Interaksi

 

B

Kolaborasi

 

C

Konektifitas

 

D

Peluang Pengembangan

 

E

Fleksibilitas

34

Dengan memanfaatkan TIK, Anda dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun mengerjakan ujian di manapun dan kapanpun Anda inginkan. Dalam beberapa model ujian, Anda juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Anda Deskripsi diatas adalah penjelasan dari potensi kunci dari kelas maya, yaitu

 

A

Peluang pengembangan

 

B

Kolaborasi

 

C

Motivasi

 

D

Interaksi

 

E

Konektifitas

35

Menurut Rasthy tahun 1999, model pembelajaran kelas maya dibagi menjadi 3 (tiga) jenis dibawah ini, kecual

 

A

e-learning

 

B

Blended

 

C

Adjunct

 

D

Fully Online

 

E

Mixed

36

Model pembelajaran kelas maya yang bertujuan sebagai penunjang pembelajaran kelas konvensional adalah model

 

A

Blended

 

B

Adjunct

 

C

Mixed

 

D

Fully Online

 

E

Daring Penuh

37

Pembelajaran kelas maya yang dipergunakan untuk mengganti seluruh kegiatan pembelajaran kelas konvensional adalah model

 

A

Adjunct

 

B

Blended

 

C

Mixed

 

D

Fully Online

 

E

Penunjang

38

Model pembelajaran mixed pada pembelajaran kelas maya berfungsi sebagai

 

A

Complement

 

B

Replacement

 

C

Suplement

 

D

Mengganti keseluruhan

 

E

Penunjang

39

Aplikasi yang digunakan untuk mengelola pembelajaran, mengirimkan konten (content delivery system), dan melacak aktivitas daring seperti memastikan kehadiran dalam kelas maya, memastikan waktu pengumpulan tugas, dan melacak hasil pencapaian siswa adalah deskripsi dari software pembelajaran kelas maya

 

A

LCMS

 

B

LMS

 

C

SLN

 

D

SLNs

 

E

LCMNs

40

Sebuah aplikasi yang digunakan oleh pemilik konten untuk mendaftar (register), menyimpan (store), menggabungkan (assembly), mengelola (manage), dan memublikasikan (publish) konten pembelajaran untuk penyampaian melalui web, bentuk cetak, maupun CD adalah software penyedia pembelajaran kelas maya jenis

 

A

LCMS

 

B

LMS

 

C

SLN

 

D

SLNs

 

E

LCMNs

41

Salah satu yang persamaan antara EDMODO dengan Facebook adalah

 

A

Semua fitur pada platform tersebut bebas digunakan /tidak berbayar

 

B

Open and Closed Group collaboration

 

C

Fasilitas chatting / pengiriman perpesanan

 

D

Pengguna dibatasi oleh usia yaitu 13 thn ke atas

 

E

Open Group Collaboration

42

Fungsi dari kode grup saat kita mau membuat akun di EDMODO adalah untuk

 

A

Password pada saat kita login

 

B

Bergabung dengan grup / kelas tertentu

 

C

Username pada saat kita login

 

D

Membuka kunci akses pada mata pelajaran tertentu

 

E

Untuk mengunci soal yang diberikan

43

Kita dapat menulis hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran dan akan dilihat oleh kawan sekelas kita pada fitur

 

A

Progress

 

B

Backpack

 

C

Assaigment

 

D

Search

 

E

Note

44

Fitur yang memiliki fungsi untuk melihat kode yang akan dibagikan kepada orang tua supaya orang tua terhubung dengan akun kita adalah

 

A

Progress

 

B

Class Code

 

C

Home

 

D

Backpack

 

E

Parents Code

45

Untuk mengganti foto profil pada akun edmodo adalah dengan cara

 

A

Me – setting

 

B

Home – setting

 

C

Search – profil

 

D

Search – photo

 

E

Search – Setting

46

Untuk melihat capaian hasil evaluasi pembelajaran pada edmodo adalah dengan cara pilih fitur

 

A

Backpack

 

B

Progress

 

C

Search

 

D

Note

 

E

Setting

47

Untuk mengerjakan tugas berupa assigment dalam edmodo adalah dengan .... sebagai pintu masuk

 

A

Turn In

 

B

Start Quiz

 

C

Open It

 

D

Walk In

 

E

Come In Quiz

48

Apabila kita mengerjakan tugas kemudian tugas tersebut perlu diperbaiki dan mengirim ulang maka yang perlu kita lakukan adalah dengan klik tombol

 

A

Turn In

 

B

Resubmit Assigment

 

C

Turn In Back

 

D

Waiting For Grade

 

E

Turn Back Assigment

49

Pada kuis jenis ini Anda diminta mengetik jawaban singkat pada tempat yang disediakan yaitu ikon kotak / tempat khusus menjawab. Setelah Anda mengerjakan soal jenis ini, poin jawaban dari soal ini tidak langsung keluar dalam penilaian, sebab harus dikoreksi secara manual oleh guru Anda. Quiz jenis apakah yang dimaksud diatas ?

 

A

Multiple Choice

 

B

Fill the blank

 

C

Matching

 

D

Short answer

 

E

True False

50

Type soal quiz yang mengharuskan kita mencocokkan antara jawaban pada kolom 1 dengan kolom lainnya adalah

 

A

Multiple Choice

 

B

Fill the blank

 

C

Matching

 

D

Short answer

 

E

True False

51

Proses menata dan menyusun gambar video, image, title dan sound pada software video editing disebut dengan

 

A

Rendering

 

B

Editting

 

C

Lighting

 

D

Moving

 

E

Capturing

52

Proses pemindahan gambar atau video dari alat rekam ke komputer atau laptop disebut dengan

 

A

Rendering

 

B

Editting

 

C

Lighting

 

D

Moving

 

E

Capturing

53

Berikut adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengedit video yaitu

 

A

Microsoft Outlook

 

B

Microsoft Publisher

 

C

Windows Movie Maker

 

D

Windows XP

 

E

FreeMind

54

Ada satu metode standar yang digunakan dalam media visual seperti video, film dan fotografi yang artinya pada saat pengaturan cahaya kita diharuskan fokus pada tiga titik pencahayaan. Metode ini disebut dengan

 

A

Three Pint Lighting

 

B

Three Key Lighting

 

C

Three Fill Lighting

 

D

Three Back Lighting

 

E

Three Hole Lighting

55

Adam ditugaskan oleh guru untuk merancang video tentang produk jamu buatan Usaha Kecil Menengah di sekitar sekolah. Jenis video yang digunakan adalah....

 

A

Video dokumenter

 

B

Video Pembelajaran

 

C

Video Berita

 

D

Video Presentasi

 

E

Video Cerita

56

Berikut adalah hal – hal yang harus diperhatikan pada saat pengambilan gambar untuk presentasi video, kecuali

 

A

Setiap gerak harus memiliki makna yang mendukung kelebihan produk

 

B

Kejelian kamera menampilkan bagian utama dan kelebihan produk atau cara kerja

 

C

Hindari penggunaan zoom in apabila tidak menggunakan tripod

 

D

Untuk memfokuskan pada gambar yang diambil gunakan zoom in

 

E

Atur pemeran utama supaya tidak banyak bergerak

57

Yang bukan merupakan fungsi naskah video pada pembuatan presentasi video adalah

 

A

Dasar penentuan Kostum

 

B

Dasar penentuan anggaran

 

C

Dasar mementukan ide

 

D

Dasar menentukan pemeran

 

E

Dasar menentukan kerabat kerja

58

Pengertian dari treatmen pada pembuatan presentasi video adalah

 

A

Suatu peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita singkat, ringkas, padat dan jelas, tanpa menghilangkan unsur – unsur pentingnya

 

B

Rancangan yang tersusun dalam pikiran, berarti sama dengan gagasan

 

C

Urutan adegan, sehingga adegan tersebut menjadi cerita yang menarik

 

D

Suatu teks yang berisi gambaran alur ceritayang akan terlihat di layar, naskah dalam pembuatan video proses kali ini dibuat agar sang presenter mengerti detail dari presentasi yang akan disampaikan

 

E

Kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi nyata

59

Suatu peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita singkat, ringkas, padat dan jelas, tanpa menghilangkan unsur – unsur pentingnya pada pembuatan presentasi video disebut dengan

 

A

Sinopsis

 

B

Treatment

 

C

Naskah

 

D

Rumusan Masalah

 

E

Kemungkinan Solusi

60

Adi ingin membuat sebuah presentasi video tentang cara merawat sepeda motor. Maka langkah pertama yang harus dilakukan oleh Adi adalah

 

A

Menyusun sinopsis

 

B

Menyusun Naskah Cerita

 

C

Menyusun Treatment

 

D

Menemukan ide

 

E

Merumuskan masalah

61

Berikut yang bukan merupakan ciri dari presentasi video adalah

 

A

Mengkomunikasikan ide

 

B

Memaparkan infomrasi peristiwa

 

C

Menunjukkan solusi

 

D

Mengkomunikasikan produk dan jasa

 

E

Menunjukkan cara kerja

62

Fungsi utama dari presentasi video adalah untuk

 

A

Menceritakan kejadian nyata yang direka ulang

 

B

Merekan suatu kejadian nyata

 

C

Memaparkan suatu berita

 

D

Sebagai bahan pembelajaran

 

E

Mengkomunikasikan ide

63

Video yang dibuat dengan tujuan untuk menceritakan kejadian nyata yang direka ulang disebut dengan video

 

A

Cerita

 

B

Berita

 

C

Dokumenter

 

D

Pembelajaran

 

E

Presentasi

64

Salah satu tahapan dalam pembuatan video yang didalamnya berisi seperti pengeditan film, pemberian efek khusus, pengoreksian warna, pemberian suara dan musik latar, hingga penambahan animasi disebut dengan

 

A

Tahap pasca-produksi

 

B

Tahap produksi

 

C

Tahap praproduksi

 

D

Tahap penyusunan naskah

 

E

Tahap rendering

65

Rancangan editing yang dibuat oleh seorang editor untuk diberikan kepada sutradara dan produser disebut

 

A

Capturing and Importing

 

B

Post-Production

 

C

Editing Decition List

 

D

Storyboard

 

E

Audio Mixing

66

Proses menyusun, mereview, memilih dan kemudian mengumpulkan bahan audio video/footage Selama proses produksi adalah deskripsi dari Video Editing yang disampaikan oleh

 

A

Wurtzel, A

 

B

KBBI – Kamus Besar Bahasa Indonesia

 

C

Thompson, R & Bowen, C.J.

 

D

Bordwell, D. & Thompson, K.

 

E

Subroto, D.S.

67

Menciptakan kontinuitas gambar yang baik, wajar dan logis sehingga dapat dinikmati khalayak penontonnya. Penjelasan tersebut adalah deskripsi Video Editing yang disampaikan oleh

 

A

Wurtzel, A

 

B

KBBI – Kamus Besar Bahasa Indonesia

 

C

Thompson, R & Bowen, C.J.

 

D

Bordwell, D. & Thompson, K.

 

E

Subroto, D.S.

68

Salah satu kemampuan dari seorang editor adalah mampu untuk menggabungkan gambar - gambar secara berurutan sehingga bisa dan dapat menggiring orang untuk menonton dan melihat video secara keseluruhan. Kemampuan editor tersebut dikenal dengan istilah

 

A

Motivasi

 

B

Komposisi

 

C

Informasi

 

D

Continuity

 

E

Titling

69

Semua jenis bunyi-bunyian baik itu dalam bentuk nada, secara akustik maupun electric yang dihasilkan untuk memberikan ilustrasi dan kesan untuk membangkitkan emosi atau mood penonton yang seakan-akan turut telibat didalamnya disebut dengan

 

A

Music Illustration

 

B

Sound Effect

 

C

Original Sound

 

D

Sound Mixing

 

E

Dubbing

70

Merupakan suara-suara tertentu yang dibuat untuk ditambahkan pada saat proses editing, bisa dari original sound maupun atmosfer, untuk mendukung sebuah adegan sehingga bisa memberikan atau menghadirkan suasana tertentu adalah

 

A

Music Illustration

 

B

Sound Effect

 

C

Original Sound

 

D

Sound Mixing

 

E

Dubbing

71

Proses memindahkan hasil rekaman gambar dari kamera ke perangkat editing, salah satunya dengan cara

 

A

Importing

 

B

Mixing

 

C

Editting

 

D

Cutting

 

E

Rendering

72

Teknik pemotongan dan penyusunan gambar pada saat editing video berdasarkan tempo sound yang digunakan disebut dengan

 

A

Trims Tools

 

B

Cutting Tools

 

C

Split Tools

 

D

Speed Up and Speed Down

 

E

Cutting On Beat

73

Perekaman suara manusia secara sinkron dengan gambar film. Suaranya mungkin atau mungkin tidak berasal dari aktor/aktris yang sesungguhnya serta bisa juga bahasa yang digunakan ketika film tersebut dibuat. Proses ini dikenal dengan istilah

 

A

Rendering

 

B

Dubbing

 

C

Mixing

 

D

Cutting

 

E

Capturing

74

Salah satu software video editing yang bisa digunakan pada sistem operasi LINUX adalah

 

A

Windows Movie Maker

 

B

Ulead Video Studio

 

C

Pinnacle

 

D

Openshot

 

E

Sony Vegas

75

Untuk membuka project yang pernah dikerjakan pada software Ulead Video Studio adalah dengan memilih pada menu

 

A

Edit

 

B

Clip

 

C

Capture

 

D

File

 

E

Project

76

Untuk mentransfer file video dari kamera yang kita punya ke Ulead Video Studio adalah dengan memanfaatkan menu

 

A

Edit

 

B

Tools

 

C

Capture

 

D

Overlay

 

E

Share

77

Untuk memberi transisi pada perpotongan antara image dengan video atau antar potongan video pada Ulead Video Studio adalah dengan memilih menu

 

A

Transition

 

B

Effect

 

C

Split

 

D

Trim

 

E

Cut

78

Untuk proses finishing atau proses akhir dalam editing video menggunakan Ulead Video Studio adalah proses merender adalah dengan memilih menu

 

A

Render

 

B

Publish to

 

C

Import

 

D

Eksport

 

E

Share

79

Fitur dari Windows Movie Maker yang merupakan jendala kerja dan tempat dimana melakukan editing video adalah

 

A

Ribbon

 

B

Preview Pane

 

C

Storyboard Panes

 

D

Zoom Bar

 

E

Publish To

80

Fasilitas yang terdapat pada Windows Movie Maker yang berfungsi untuk memotong sebuah file video menjadi beberapa bagian adalah

 

A

Cut

 

B

Split

 

C

Edit

 

D

Copy

 

E

Remove

81

Untuk memberi transisi pada perpotongan antar 2 video atau antara image dengan video pada software Windows Movie Maker adalah dengan memilih fitur

 

A

Effects

 

B

Transitions

 

C

Import

 

D

Titles and Credits

 

E

Publish To

82

Untuk menambahkan nama - nama kru yang bertugas pada software Windows Movie Maker adalah dengan memilih

 

A

Titles and Credits - Create Crew

 

B

Titles and Credits -Title at The Beginning

 

C

Titles and Credits -Credits at The Ends

 

D

Titles and Credits -Title beforethe selected clips

 

E

Titles and Credits - Title on the selected clips

83

Proses akhir pada editing video menggunakan Windows Movie Maker adalah menyimpan / merender video tersebut dengan cara klik pada

 

A

Publish To

 

B

Share

 

C

Create

 

D

Render

 

E

Save As

84

Satu alternatif media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian konsep / Ide / produk yang bersifat abstrak sehingga menjadi lebih nyata karena gambaran objek tiruan dapat dilihat dari berbagai sudut dan arah,kanan-kiri-atas-bawah-depan dan belakang (point of view) disebut dengan

 

A

Simulasi Visual 3D

 

B

Simulasi Visual 2D

 

C

Simulasi Digital

 

D

Simulasi Nyata

 

E

Simulasi Gambar

85

Yang bukan termasuk software yang digunakan untuk membuat Simulasi Visual 3D adalah

 

A

Blender

 

B

Cinema 4D

 

C

FreeMind

 

D

3DS Max

 

E

Maya

86

Apabila akan membuat sebuah presentasi / simulasi visual yang bertemakan barang yang tidak mungkin dilihat secara langsung atau berbahaya bisa menggunakan teknik

 

A

Presentasi Video

 

B

Presentasi PPt

 

C

Presentasi Langsung

 

D

Simulasi Visual 3D

 

E

Simulasi Digital

87

Penggagas software animasi 3D Blender adalah

 

A

Toon Roosedaal

 

B

Thompsons Krutzel

 

C

Booween Cluy Junior

 

D

Subroto Dono Susilo

 

E

Wurtzel A.

88

Selain OS Windows, Blender juga dapat diinstal dan dipergunakan pada System Operasi

 

A

Android

 

B

Mac OS

 

C

Iphone

 

D

Tablet

 

E

MS Office

89

Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif pada Software Blender dikenal dengan istilah

 

A

Viewport

 

B

Header

 

C

Outliner

 

D

Timeline

 

E

Property

90

Untuk mengerjakan sebuah object pada Software Blender akan lebih baik kalau kita melihat object tersebut dari berbagai sudut. Salah satunya adalah dengan membagi layar menjadi beberapa bagian sehingga setiap bagian menunjukkan sudut pandang object yang berbeda. Istilah ini lebih dikenal dengan sebutan

 

A

Screen Layout

 

B

Splitting Windows

 

C

User Preference

 

D

Logic Editor

 

E

Changing the EditorType

91

Fitur yang berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil ukuran object pada software Blender adalah

 

A

Translate Manipulator

 

B

Scale Manipulator

 

C

Rotate Manipulator

 

D

Size Manipulator

 

E

Object Manipulator

92

Fitur yang berfungsi untuk menambah atau memperluas dari vertex, edge atau face object pada software blender adalah

 

A

Extrude

 

B

Scale

 

C

Size

 

D

Ortho

 

E

Select

93

Untuk mengatur ketebalan objek yang kita buat di Blender langkah pertama adalah dengan memilih

 

A

Modifier

 

B

Thickness

 

C

Add modifier

 

D

Solidity

 

E

Properti solidity

94

Menambah angka yang ada pada properti solidity bagian Thickness akan berfungsi untuk

 

A

Menghapus beberapa bagian dari object

 

B

Menambah banyaknya vertex objek

 

C

Mempertipis objek

 

D

Mempertebal objek

 

E

Menambah objek

95

Fitur yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan objek yang dibuat menggunakan blender adalah

 

A

Properti Solidify

 

B

Subdivision Surface

 

C

Thickness

 

D

Add Mesh

 

E

Modifier

96

Fungsi dari tombol R pada software Blender adalah untuk

 

A

Menambah garis vertex

 

B

Merotasi objek

 

C

Mengembalikan objek ke sebelum ditambahgaris vertex

 

D

Mengembalikan objek ke sebelum dirotasi

 

E

Menghapus garis vertex

97

Camera angle sangat diperlukan untuk menyajikan infomasi visual dengan rangkaian bidikan kamera yang mampu mengomunikasikan informasi menjadi lebih baik dan mudah dipahami melalui bahasa visual. ada 3 jenis camera angle yang dikenal dalam proyek visual, salah satunya adalah Kamera ini melakukan pengambilan gambar mewakili pandangan penonton yang lebih dikenal dengan

 

A

Angle Kamera Point of View

 

B

Point of view

 

C

Angle Kamera Objektif

 

D

Angle Kamera Subjektif

 

E

Angle Kamera Shoot

98

Untuk mengatur posisi camera dalam proses pengambilan sudut pandang camera pada software blender adalah dengan cara

 

A

view – camera

 

B

camera – view

 

C

show – camera

 

D

camera – show

 

E

camera - view – show

99

Animasi yang membuat objek bergerak berputar adalah jenis animasi

 

A

Scala

 

B

Kamera

 

C

Objek

 

D

Lokasi

 

E

Rotasi

100

Fitur yang berfungsi untuk mengunci aksi gerakan objek adalah

 

A

Animation

 

B

Rendering

 

C

Key of Animation

 

D

Dope Sheet Summary

 

E

Animation Rendering


Sudah mencoba mengerjakan soal-soal diatas? yuk coba koreksi dengan klik pada BANK SOAL
Share :

0 comments:

Post a Comment

loading...

Advertising

 
close